TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Beredar Kabar Ketua KPK Bocorkan Hasil Penyelidikan Dana Tukin ESDM

KPK sudah tetapkan sekitar 10 tersangka dalam kasus ini

Ketua KPK, Firli Bahuri (IDN Times/Aryo Damar)

Jakarta, IDN Times - Beredar kabar bahwa Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri diduga membocorkan laporan hasil penyelidikan kasus dana tunjangan kinerja Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Dalam unggahan yang viral di media sosial, disebutkan laporan yang bersifat rahasia itu ditemukan ketika penggeledahan di ruangan Kepala Biro Hukum Kementerian ESDM. Saat ditanya pada pemilik ruangan, dokumen itu didapatkan dari Firli.

"Tujuan penyampaian dokumen tersebut supaya X berhati-hati dan melakukan antisipasi terhadap upaya penindakan yang dilakukan KPK," demikian potongan tulisan yang beredar di media sosial tersebut.

Baca Juga: Copot Brigjen Endar dari KPK, Novel Baswedan: Firli Memang Arogan!

1. KPK menantang buat laporan ke Dewas

Juru Bicara KPK Ali Fikri (IDN Times/Aryodamar)

Menanggapi hal tersebut, Juru Bicara KPK Ali Fikri membantahnya. KPK pun menantang pengunggah kabar tersebut di media sosial untuk melaporkannya kepada Dewan Pengawas KPK.

"Di sana akan diuji, bukan diobral di ruang publik dengan dibumbui narasi bermodalkan asumsi. Laporan harus berbasis data, bukan asal tuduh dan persepsi semata. Sesuai Tupoksinya, Dewas KPK pasti akan tindaklanjuti," ujar Ali, Kamis (6/4/2023).

2. KPK jamin tuntaskan kasus dana Tukin Kementerian ESDM

Juru Bicara KPK Ali Fikri (IDN Times/Aryodamar)

Ali menegaskan, penyelidikan kasus dana tunjangan kinerja di Kementerian ESDM sudah selesai dan perkaranya sudah naik ke tahap penyidikan.

Semua pimpinan sepakat telah ditemukan setidaknya dua bukti permulaan cukup dan pihak yang bertanggungjawab dalam kasus ini.

"Kami akan tuntaskan semua," kata Ali.

Baca Juga: Soal Polemik Pencopotan Brigjen Endar di KPK, Jokowi: Jangan Gaduh

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya