TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Gegara COVID-19, Pawai Tahun Baru Islam di Jakarta Dilarang?

Masyarakat diminta bijak demi keselamatan dan kesehatan

Sejumlah remaja melakukan pawai obor dengan mengenakan masker di Jalan Kartini, Kota Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (23/5/2020). Pawai obor tersebut dalam rangka menyambut Idul Fitri 1 Syawal 1441 H. (ANTARA FOTO/Paramayuda)

Jakarta, IDN Times - Menyambut Tahun Baru Islam, biasanya umat muslim menggelar pawai obor. Namun, pada Tahun Baru Islam 1 Muharram 1442 Hijriah, sepertinya kegiatan itu akan dilarang mengingat pandemik COVID-19 belum mereda.

"Sebaiknya pawai obor atau kegiatan yang menimbulkan kerumunan untuk suasana pandemi COVID-19 ini tidak usah diadakan," kata Kepala Satpol PP DKI Jakarta, Arifin, Rabu (19/8/2020).

Baca Juga: Sambut Tahun Baru Islam di Tengah COVID-19, Ini Pesan Menteri Agama

1. Masyarakat diminta bijak demi keselamatan dan kesehatan

Suasana Masjid Nabawi, Madinah yang dipenuhi oleh Jamaah di tengah musim haji (IDN Times/Umi Kalsum)

Arifin mengatakan, sebaiknya masyarakat mencari kegiatan lain. Sebab, menurutnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan mengedepankan keselamatan dan kesehatan.

"Bukan kami tidak ingin memeriahkan hari 1 Muharram, hari Tahun Baru Islam. Tetapi kita harus lebih bijak dan arif dalam suasana pandemi seperti ini," kata Arifin.

"Toh perayaan kemerdekaan saja kita bisa menunda kegiatan yang berkerumun," sambungnya.

2. Masyarakat diharapkan tidak menggelar perayaan tahun baru Islam

(Satpol PP Bandung sosialisasi tertib bermasker) IDN Times/Azzis Zulkhairil

Arifin berharap, semua pihak sadar untuk tidak menggelar kegiatan Tahun Baru Islam yang menimbulkan kerumunan, sehingga Satpol PP tidak perlu turun tangan.

"Alangkah baiknya bila masyarakat mempunyai tanggung jawab, punya komitmen yang sama, punya rasa kepedulian yang sama, sehingga tanpa kehadiran Satpol PP seperti surat edaran kemarin, toh masyarakat betul-betul menjalani perayaan HUT kemerdekaan dengan aman dan juga penuh mematuhi protokol kesehatan," ungkapnya.

Baca Juga: Doa Akhir dan Awal Tahun Baru Islam Beserta Artinya saat 1 Muharam

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya