TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Ini Penjelasan Anies Soal Pencopotan Waring Kali Item

Kali Item akan dikeruk

IDN Times/Helmi Shemi

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan angkat bicara soal pencopotan kain waring di Kali Sentiong atau Kali Item di samping Wisma Atlet Kemayoran beberapa waktu lalu. 

Menurut Anies, hal tersebut dilakukan atas sepengetahuan dirinya yang bertujuan untuk menangani polusi. 

1. Kali Item akan dikeruk

ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Pemasangan kain waring itu, kata Anies, merupakan solusi sementara sebagai antisipasi terkait mengurangi aroma tidak sedap dalam menghadapi Asian Games 2018 dan Asian Para Games 2018. 

"Pencopotan ini karena akan ada pemasangan sheet pile sebelum dilakukan pengerukan. Sebagai langkah untuk bisa menangani polusi airnya," kata Anies di Jakarta, seperti dikutip dari kantor berita Antara, Minggu (18/11). 

Baca Juga: Kali Sunter Meluap, Ribuan Warga Jakarta Terdampak Banjir

2. Perintahkan benahi sumber polutan

IDN Times/Vanny El Rahman

Anies berharap, dengan ditanganinya masalah polusi di sungai tersebut warga tidak lagi mencium bau, bukan karena ditutupi kain waring. Tapi karena airnya bisa bersih. 

Dia pun telah menginstruksikan kepada Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta untuk membenahi sumber-sumber polutannya. Salah satunya dengan memantau pembuangan sisa kegiatan produksi di daerah sekitarnya. 

"Sumber-sumber polutannya yang harus dikelola, jangan jadikan sungai itu tempat pembuangan sisa-sisa kegiatan produksi. Misalnya tahu tempe ampasnya dibuang ke sungai," ujarnya. 

3. Warga buang sampah kasur ke Kali Item

(Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau banjir di Cipinang Melayu, Jakarta Timur) Instagram/@aniesbaswedan

Anies mengatakan, dia juga mendapatkan laporan terkait banyak sampah-sampah berukuran besar yang terjaring saat hujan besar. Itu diakuinya merepotkan Pemprov DKI. 

"Saya menemukan langsung kasur besar sekali, itu repot buangnya cari tempat sampah susah. Nah polusi itu bukan hanya bau tapi juga polusi yang sifatnya cair dan solid, itu jadi penanganan kami," terangnya. 

Baca Juga: Sebabkan Banjir, Bangunan Liar di Bantaran Kali Item Dibongkar

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya