TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Isu Anies Dipaksakan Jadi Tersangka Formula E, Dewas Diminta Tegas

Forum advokat tuding Firli gak profesional

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan usai diperiksa KPK (IDN Times/Aryodamar)

Jakarta, IDN Times - Sebanyak 68 orang yang tergabung dalam Forum Advokat Indonesia mendesak Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengambil sikap tegas terhadap Ketua Firli Bahuri. Hal ini berkaitan dengan pemberitaan yang menyebut ada upaya jika Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dipaksakan menjadi tersangka dalam dugaan kasus korupsi Formula E.

"Kami meminta Dewan Pengawas KPK untuk bersikap tegas," ujar Perwakilan Forum Advokat Indonesia, Mahmud, dalam konferensi pers di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Senin (3/10/2022).

Baca Juga: Simpatisan Anies Baswedan Ricuh di KPK, Teriakkan Anies Presiden!

1. Forum Advokat tuding Firli gak netral apabila isu tersebut benar

Pimpinan KPK memberikan keterangan pers di Gedung Merah Putih KPK pada Rabu (15/9/2021). (IDN Times/Aryodamar)

Mahmud menilai, sudah seharusnya jika Firli Bahuri dipecat dari KPK. Sebab, mantan Polisi itu tidak menjunjung asas netralitas apabila isu tersebut benar. 

"Sehingga KPK bisa kembali menjadi institusi yang independen sebagai garda terdepan melawan korupsi, bukan menjadi pesanan atas kekuasaan," ujarnya.

2. Forum advokat tuding Firli gak profesional

Ketua KPK, Firli Bahuri (IDN Times/Aryo Damar)

Mahmud menuding sikap Firli Bahuri sudah tentu tidak profesional apabila isu tersebut tebukti. Sebab, ia dinilai memanfaatkan jabatannya sebagai pimpinan KPK. 

"Bahkan adanya dugaan upaya untuk menjegal seseorang agar tidak dapat menjadi calon presiden pada Pemilu 2024 dengan merekayasa kasus hukum yang sedang ditangani KPK," ujarnya.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya