TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Juliari Akui Sering Rapat Informal dengan Pejabat Kemensos di Rumahnya

Rapat informal itu membahas bansos COVID-19

Koruptor Bansos COVID-19 Juliari Peter Batubara (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Jakarta, IDN Times - Mantan Menteri Sosial Juliari Batubara mengakui sering rapat informal dengan sejumlah pejabat Kementerian Sosial di rumahnya ketika ia masih menjabat. Hal tersebut ia ungkapkan dalam persidangan kasus dugaan korupsi Bantuan Sosial COVID-19 di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Senin (22/3/2021).

"Kebiasaan saya gak langsung rapat resmi. Saya mau brainstorming dengan pejabat eselon satu dan dua, setelah itu baru rapat resmi di kantor," kata Juliari yang hadir dalam persidangan secara virtual.

Baca Juga: Mensos Risma Akan Percepat Penyaluran Bansos Jadi Maret 2021 

1. Juliari membahas pengadaan bansos dan datanya saat rapat informal

Menteri Sosial Juliari P Batubara tiba di Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta, Minggu (6/12/2020). Juliari P Batubara ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK atas dugaan menerima suap terkait pengadaan bantuan sosial penanganan COVID-19 di Kementerian Sosial. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/pras.

Juliari mengatakan rapat tersebut membahas pengadaan bantuan sosial COVID-19 dan juga datanya. Sebab menurutnya data penerima bansos, khususnya di Jakarta, adalah hal yang rumit.

"Kebiasaan saya kalau ada program-program signifikan, apalagi atensi presiden, tidak resmi dulu," ujarnya.

2. Juliari juga sering rapat informal secara virtual

Ilustrasi Work From Home (IDN Times/Arief Rahmat)

Mantan Politikus PDI Perjuangan itu juga mengaku sering mengadakan rapat informal secara virtual. Hal itu dilakukan karena adanya pembatasan karena pandemik COVID-19 di Indonesia.

"Karena WFH, biasanya kita (rapat) lewat zoom. Saya waktu bulan-bulan Maret (dan) April itu memang jarang sekali ke kantor," katanya.

Ketika dikonfirmasi siapa saja peserta yang ikut rapat informal, ia mengaku tak ingat pastinya. Namun beberapa orang ia yakin ikut serta rapat informal seperti Sekjen dan Direktorat Jenderal Perlindungan Sosial Kemensos.

Baca Juga: Kasus Bansos, 4 Orang Dicecar KPK Soal Dugaan Aliran Dana ke Juliari

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya