TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kasus Korupsi Bupati HSU, KPK Sita Aset Rp14,2 Miliar hingga Kendaraan

KPK bakal konfirmsi bukti yang diperiksa

Mantan Bupati Kabupaten Hulu Sungai Utara, Abdul Wahid. (Antaranews Kalsel/Diskominfo HSU/Eddy A)

Jakarta, IDN Times - Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyita sejumlah aset senilai Rp14,2 miliar beserta kendaraan bermotor terkait dugaan korupsi yang menjerat Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) nonaktif, Abdul Wahid.

Aset yang disita antara lain tanah dan bangunan di Kabupaten HSU senilai Rp10 miliar, uang tunai mata uang rupiah dan asing berjumlah sekitar Rp4,2 miliar, dan kendaraan bermotor.

"Tim Penyidik KPK, telah melakukan penyitaan berbagai aset dari tersangka AW terkait dugaan adanya penerimaan suap, gratifikasi dan TPPU di mana uang-uang yang diterima oleh tersangka AW tersebut dipergunakan di antaranya dengan membeli beberapa aset dalam bentuk tanah dan bangunan serta kendaraan bermotor," ujar Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri, Selasa (18/1/2022).

Baca Juga: Eks Bupati HSU Abdul Wahid Jadi Tersangka Kasus Pencucian Uang

1. KPK bakal konfirmasi bukti yang diperiksa

PLT Juru Bicara KPK bidang Penindakan, Ali Fikri (IDN Times/Aryodamar)

Ali mengatakan, seluruh aset yang disita itu bisa dirampas sesuai dengan putusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap. Penyitaan itu bisa menambah pemasukan negara dari pemulihan aset kasus korupsi untuk pembangunan negara.

"Seluruh barang bukti ini akan di konfirmasi kepada para saksi, baik saat proses penyidikan hingga proses pembuktian di persidangan," ujarnya.

2. KPK juga harap bantuan masyarakat

PLT Juru Bicara KPK bidang Penindakan, Ali Fikri (IDN Times/Aryodamar)

KPK juga berharap masyarakat yang tahu mengenai aset terkait perkara Bupati HSU bisa melapor. Sebab, hal ini bisa membantu pemberantasan korupsi di Indonesia.

"Hal ini sebagai wujud keturutsertaan masyarakat dalam upaya pemberantasan korupsi dan optimalisasi penerimaan negara melalui penegakan hukum," ujarnya.

Baca Juga: KPK Sita Mobil dan Klinik Kesehatan Bupati HSU Abdul Wahid 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya