TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pemprov DKI Jakarta Siapkan Hotel untuk Pengungsi Jika Terjadi Banjir

Supaya gak ketularan COVID-19

Ilustrasi banjir (IDN Times/Arief Rahmat)

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah menyiapkan sejumlah langkah penanganan apabila terjadi banjir pada masa pandemik COVID-19. Hotel hingga wisma pun disiapkan untuk menampung warga terdampak banjir.

"Kami sudah menyiapkan hotel bintang satu atau dua atau setara dengan wisma supaya gak terjadi penularan COVID-19 di tempat pengungsian," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, Sabdo Kurnianto, dalam video YouTube Pemprov DKI, Sabtu (7/11/2020).

Baca Juga: Kasus COVID-19 AS Kembali Cetak Rekor Usai Pilpres, Bertambah 123.973

1. Tenda pengungsian tidak memakai sekat

Ilustrasi Penampungan Pengungsi (IDN Times/Mardya Shakti)

Sabdo mengatakan, apabila warga harus mengungsi ke tenda besar, mereka akan dipisah per keluarga sehingga bisa mencegah penularan COVID-19.

"Kita gak pakai sekat, kita lebih mengarah untuk memanusiakan warga Jakarta. Gimana pun juga mereka pada masa pandemik COVID-19, katakanlah satu keluarga bisa tempati satu kamar," jelasnya.

2. Pemprov DKI Jakarta siapkan tenda dan perahu khusus COVID-19

ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Dalam apel kesiapan banjir, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan pihaknya telah menyiapkan mekanisme penanganan banjir bagi warga yang sedang menjalani isolasi mandiri atau positif COVID-19. Nantinya, kata Anies, ada tenda dan perahu khusus bagi mereka yang terpapar COVID-19.

"Bila ada pengungsi terpapar COVID-19 maka disiapkan tenda khusus, di dalamnya ada bilik-bilik agar punya ruang privat. Kapalnya juga begitu, disiapkan perahu untuk membawa mereka yang punya gejala atau terpapar COVID-19," jelas Anies.

Baca Juga: Anies: Jakarta Termasuk Daerah Paling Optimal Memanfaatkan Anggaran

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya