TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Tolak Reklamasi Ancol, KIARA: Ini Gak Ada Urusan Ahok atau Anies

"Reklamasi sebenarnya untuk siapa sih?"

Komisaris Utama PT Pertamina Basuki Tjahaja Purnama bersama mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (ANTARA/Hafidz Mubarak A)

Jakarta, IDN Times - Sekretaris Jenderal Koalisi Rakyat untuk Keadilan Perikanan (KIARA), Susan Herawati, menyatakan bahwa KIARA menolak reklamasi di Jakarta secara tegas sejak lama. Menurutnya, selama reklamasi merampas hak masyarakat bahari.

"Maka harus dilawan. Jadi tak ada urusan antara Ahok dan Anies. Kawan-kawan di Amuk Bahari dan KSTJ konsisten melawan keduanya," ujar Susan saat hadir sebagai salah satu pembicara diri Indonesia Lawyers Club (ILC) yang disiarkan Tv One pada Selasa (14/7/2020).

Baca Juga: Pro Kontra Reklamasi Ancol, Apa Bedanya dengan Reklamasi 17 Pulau?

1. KIARA menilai reklamasi bukan untuk rakyat

Suasana Pulau G yang berganti nama menjadi Pantai Maju (IDN Times/Vanny El Rahman)

Susan menegaskan, konsistensi KIARA menolak reklamasi tidak hanya berlangsung di Jakarta melainkan Tangerang. Menurutnya, segala jenis reklamasi bukan bentuk keberpihakan pemerintah pada masyarakat bahari.

"Reklamasi sebenarnya untuk siapa sih? Karena ini tidak diperuntukkan untuk masyarakat bahari apalagi kita," ujarnya

2. Menolak reklamasi tidak bisa dinegosiasi

Ilustrasi reklamasi (IDN Times/Vanny El Rahman)

Menurutnya, penolakan terhadap reklamasi sudah tidak bisa ditawar meskipun dengan alasan untuk menangani banjir Jakarta. Susan menilai penanganan banjir dijadikan alasan semata oleh Pemprov DKI Jakarta.

"Terus terang kita kelelahan sampai hari ini lagu itu terus diputar," ujarnya.

Dalam acara tersebut hadir sejunlah tokoh dari berbagai kalangan. Tokoh yang hadir antara lain Sekretaris Daerah DKI Jakarta, Saefullah, Wakil Ketua DPD Gerindra Jakarta yang juga Sekretaris Komisi D DPRD DKI, Syarif, hingga politikus Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Rian Ernest.

Baca Juga: Gubernur Anies Klaim Reklamasi Ancol Tak Ganggu Nelayan, Benarkah?

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya