TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Wagub DKI: Daratan Rendah Jadi Penyebab Banjir Jakarta

DKI anggarkan Rp5 triliun untuk atasi banjir

Ilustrasi banjir. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Jakarta, IDN Times - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengakui banjir masih menjadi masalah di ibu kota, meski banjir kali ini lebih cepat surut. Menurutnya, banjir hanya terjadi di daratan yang rendah.

"Kenapa masih ada banjir? Itu memang daerah yang daratannya sangat rendah. Kenapa rendah? Banyak (penyebabnya), di antaranya ada satu lokasi di perkampungan yang dulu lokasi itu digali tanahnya untuk Senayan. Senayan itu dulu diuruk, dari mana diuruknya, dari Kalibata situ," kata pada Selasa (16/2/2021) malam.

Baca Juga: Ketua DPRD DKI Minta Calon Wali Kota Jakarta Utara Atasi Banjir Rob

1. Pemprov DKI Jakarta klaim punya cara atasi banjir

Riza Patria (IDN Times/Aryodamar)

Riza menilai daerah yang pernah diuruk itu kini menjadi titik banjir yang parah. Pemprov DKI Jakarta pun telah menyiapkan siasat untuk mengatasi masalah tersebut.

"Warga direlokasi, di sana dibangun rusun, supaya kalau banjir warga bisa tetap tinggal di situ, di rusun. Di situ kalau banjir bisa jadi tempat penampungan, kalau kering bisa jadi tempat parkir, tempat bermain, dan sebagainya," kata Riza.

2. Pemprov DKI anggarkan Rp5 triliun untuk atasi banjir

Riza Patria (IDN Times/Aryodamar)

Politikus Partai Gerindra ini mengatakan Pemprov DKI Jakarta juga sudah melakukan berbagai upaya untuk menangani banjir, seperti naturalisasi dan normalisasi, pengoptimalan pompa air, hingga pengerukan lumpur.

Bahkan, kata Riza, Pemprov DKI Jakarta menggelontorkan Rp5 triliun untuk menangani banjir. "Artinya pemprov berkomitmen sungguh-sungguh mengupayakan dalam pencegahan," ujarnya.

Baca Juga: Waspada! Jakarta Selatan dan Jakarta Timur Banjir Lagi

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya