TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Wakil Ketua KPK: OTT Gak Bikin Pejabat Kapok, Malah Hati-hati 

Pejabat dinilai mempelajari pola OTT KPK agar gak ketangkap

Bupati Bogor Ade Yasin usai kena OTT KPK (IDN TImes/Aryodamar)

Jakarta, IDN Times - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Alexander Marwata menyebut operasi tangkap tangan yang telah dilakukan selama ini belum berhasil membuat pejabat kapok. Menurutnya, hal itu malah membuat pejabat berhati-hati.

"Kita bisa melihat ternyata dengan OTT berkali-kali pun tidak membuat para pejabat para penyelenggara negara itu menjadi kapok. Justru yang kami lihat, mereka lebih hati-hati, kan bisa jadi seperti itu, ya," kata Alex, Rabu (28/12/2022).

Baca Juga: Indonesia Banyak OTT, Luhut: Jangan Jadi Negara Drama

1. Pejabat dinilai mempelajari pola OTT KPK

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata dalam Konferensi pers setelah acara PAKU Integritas yang diikuti Kemenkes di KPK pada Selasa (26/10/2021). (IDN Times/Aryodamar)

Alex mengungkapkan pejabat cenderung berhati-hati dengan cara mempelajari pola tangkap tangan yang dilakukan KPK. Hal tersebut dapat diketahui melalui persidangan yang dilakukan terbuka untuk umum.

"Mereka sudah paham bagaimana KPK itu bisa melakukan OTT, mereka sudah paham, mereka sudah belajar, karena apa? Fakta-fakta itu, dan mekanisme KPK melakukan itu kan terungkap di dalam proses persidangan, kan seperti itu," jelas Alex.

2. OTT seharusnya membuat pejabat takut korupsi

Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata (IDN Times/Aryodamar)

KPK menyayangkan hal tersebut. Sebab, seharusnya OTT bisa membuat semua pihak takut untuk korupsi.

"Mereka juga belajar dari kasus-kasus sebelumnya. Nah bagaimana upaya kemudian, tidak kemudian itu dia, tidak berkeinginan untuk korupsi tetapi, itu tadi, bagaimana tetap korupsi tapi tidak ketahuan, kan begitu," ujar Alex.

Baca Juga: Minta KPK Jangan Sering OTT, Jokowi Didesak Tegur Luhut

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya