TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pengurus Masjid Sunda Kelapa: Perusuh Demo 22 Mei Bukan Umat Islam 

Umat Islam tidak rusuh

IDN Times/Fitang Budhi Adhitya

Jakarta, IDN Times - Sekretaris dewan pengurus Masjid Sunda Kelapa Ismed Hasan menyebut warga yang melakukan kerusuhan pada aksi demonstrasi di depan Gedung Bawaslu RI 21-22 Mei bukan umat Islam. 

"Ini saya tegaskan bukan umat Islam. Karena umat Islam terbuktikan kita 212 apa kurangnya itu, jumlahnya bahkan lebih masif jutaan orang. Tidak ada kejadian, sampah pun kita pungut," kata Ismed di Masjid Sunda Kelapa, Menteng, Jakarta, Jumat (24/5).

Baca Juga: Komnas HAM Minta Kerusuhan Aksi 21-22 Mei Diusut Tuntas

1. Pastikan jemaah Masjid Sunda Kelapa bukan pelaku kerusuhan

Ismed juga menegaskan bahwa jika ada jemaah yang berangkat dari Masjid Sunda Kelapa, mereka bukan pelaku kerusuhan tersebut. 

"Intinya bahwa jemaah kami yang berangkat dari sini ikut aksi, pulang ke sini utuh. Ada yang meninggal itu kan karena sakit, jadi saya katakan bahwa kalau umat yang sering datang ke sini rasanya bukan pelaku kerusuhan," kata dia. 

2. Tetap aman meski tidak ada aparat keamanan

IDN Times/Gregorius Aryodamar P

Dia kembali merujuk pada sejumlah aksi umat Islam, seperti 411 dan 212. Menurutnya, aksi itu menjadi cerminan tidak ada jemaah masjid yang berbuat kerusuhan saat demonstrasi, sekalipun tidak ada aparat keamanan di Masjid Sunda Kelapa. 

"Karena sudah teruji iya kan, 212 sudah 3 kali mereka stay di sini, tidak ada marinir tidak ada apa pun, aman," ungkap dia. 

Baca Juga: Massa Demo Sempat Kumpul di Masjid Sunda Kelapa, Pengurus Merespons 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya