TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Setelah WHO, Indonesia Pastikan COVID-19 Bisa Menyebar Lewat Udara 

Masyarakat diminta berhati-hati berada di ruangan tertutup

Ilustrasi virus corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Jakarta, IDN Times - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona atau COVID-19 Achmad Yurianto mengonfirmasi virus corona atau COVID-19 bisa menyebar melalui udara.

"Penularan penyakit ini dari droplet orang sakit. Dan kita tahu droplet ini ada yang ukurannya kecil mikro droplet yang memiliki waktu cukup lama untuk bisa hilang dari lingkungan," kata Yuri dalam konferensi pers di Media Center Gugus Tugas Nasional, Jakarta, Kamis (9/7/2020).

Baca Juga: Pembukaan Mal Bisa Perbesar Penularan COVID-19, AC Bisa Sebar Droplet

1. Awas bahaya ruangan tertutup

Ilustrasi pekerja (IDN Times/Dwi Agustiar)

Yuri memperingatkan agar masyarakat berhati-hati di ruangan tertutup, terlebih dengan tidak adanya sirkulasi udara segar dari luar. Hal ini bisa berdampak pada penyebaran virus corona.

"Terutama pada wilayah tertutup dengan ventilasi yang tidak terlalu baik. Maka mikro droplet ini melayang-layang dalam waktu yang relatif lama," katanya.

2. Tetap pakai masker dan jaga jarak

Ilustrasi Masker (ANTARA FOTO/REUTERS/Tingshu Wang)

Ia berpesan agar masyarakat selalu menggunakan masker dan menjaga jarak. Ia juga meminta setiap kantor dan rumah memastikan ada sirkulasi udara segar dari luar yang masuk ke dalam.

"Pastikan sirkulasi dan ventilasi terganti udaranya. Sebisa mungkin kalau akses udara segar dari luar didapatkan, lakukan itu," ujar Yuri.

"Di kendaraan kita buka semua jendela mobil untuk udara di mobil tergantikan udara dari luar," katanya.

Baca Juga: Survei: 77 Persen Warga Jakarta Anggap Enteng Penularan COVID-19

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya