TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Wisma Atlet Jadi RS Darurat COVID-19, BUMN Siap Pasok Alat dan Obat

Akan digunakan khusus untuk pasien positif virus corona

Tampak Wisma Atlet yang akan digunakan sebagai tempat isolasi pasien COVID-19 (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Jakarta, IDN Times - Wisma Atlet hari ini siap digunakan sebagai rumah sakit (RS) darurat penanganan kasus virus corona atau COVID-19. Menteri BUMN Erick Thohir memastikan kementeriannya akan menyuplai kebutuhan RS Darurat Penanganan COVID-19.

"Baik peralatan kesehatan, obat-obatan, alat pelindung diri dan masker. Selain itu, untuk kebutuhan komunikasi, kami juga sudah menyiapkan jaringan telekomunikasi hingga 500 MB,” kata Erick dalam keterangan tertulisnya, Senin (23/3).

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan kapasitas total RS darurat ini bisa mencapai 22 ribu orang. "Jadi saya kira semua kapasitasnya masing-masing 24 lantai sekitar 650 unit satu tower, tergantung berapa orang yang akan masuk, tapi rata-rata 22 ribu total," kata dia.

Baca Juga: Hanya 4 Tower di Wisma Atlet Jadi Tempat Isolasi Pasien COVID-19

1. Pembagian zona di Wisma Atlet

RS Darurat Wisma Atlet untuk Penanganan COVID-19 (Dok. BUMN)

Pada saat pelaksanaannya, RS Penanganan Darurat Covid-19 ini, akan dibagi dalam 3 zona :

Zona Hijau adalah Tower 1, akan diisi oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. Hanya orang yang berkepentingan yang bisa memasuki daerah ini.

Zone Kuning adalah Tower 3, akan diisi oleh Dokter, Perawat dan Petugas Paramedis lainnya.

Zone Merah adalah Tower 6-7, adalah RS Darurat Penanganan Covid-19. Hanya mereka yang menggunakan APD lengkap yang bisa masuk ke zona ini selain pasien.

2. Bahu-membahu dari semua kalangan

Para Menteri Meninjau RS Darurat Penanganan COVID-19 (Dok. BUMN)

Dokter-dokter yang akan bekerja di sini gabungan dokter dari berbagai instansi, dari Kementerian Kesehatan, TNI/Polri, BUMN dan lain-lain.

“Percayalah, kalau kita semua mau bersatu, in sya Allah apapun bisa kita lalui dengan baik. Saya apresiasi setinggi-tingginya semua pihak yang sudah bergerak cepat membantu Pemerintah untuk mewujudkan RS Darurat ini. Semoga upaya kita semua ini diridhoi Yang Maha Kuasa dan dapat menekan lajunya pandemi COVID-19 di Indonesia. In sya Allah selalu ada jalan,” kata Erick Thohir.

Baca Juga: RS Darurat COVID-19 di Wisma Atlet Mulai Beroperasi Hari Ini

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya