TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Hasil Rekapitulasi Pilkada Lamongan, CEO Persela Pemenangnya

Pleno rekapitulasi penghitungan suara dilakukan dua hari

Rekapitulasi penghitungan suara KPU. IDN Times/Imron

Lamongan, IDN Times - Pasangan calon (Paslon) Bupati Kabupaten Lamongan nomor urut 2 Yuhronur Efendi dan KH Abdul Rouf (YesBro) memperoleh suara terbanyak dibandingkan dua kandidat lainnya. Pasangan YesBro memperolehan 336.154 suara atau 42, 54 persen dari total jumlah pemilih.

Sedangkan paslon nomor urut 1 Suhandoyo - Astiti Suwarni meraih 296.667 suara atau 37, 54 persen dan Kartika Hidayati-Saim hanya memperoleh 157.296 suara, atau 19,91 persen.

1. Rapat pleno dilakukan selama dua hari

Rekapitulasi penghitungan suara KPU. IDN Times/Imron

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lamongan, Mahrus Ali mengatakan, rekapitulasi penghitungan suara tingkat kabupaten itu diikuti oleh 27 PPK di seluruh kecamatan di Lamongan. Rekapitulasi sendiri dilakukan selama dua hari, sejak Rabu hingga Kamis pagi.

"Alhamdulillah rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara yang kami mulai pukul 10:00 WIB Hari Rabu (16/12/2020), kemarin telah  mengesahkan perolehan suara masing-masing paslon," kata Mahrus Ali usai melakukan pleno, Kamis (17/12/2020).

Baca Juga: Unggul Hitung Cepat, Yuhronur: Ini Kemenangan Masyarakat Lamongan

2. Ada waktu 3 hari paslon bisa ajukan gugatan ke MK

Ketua KPU Lamongan Mahrus Ali. IDN Times/Imron

Usai rekapitulasi penghitungan suara tingkat kabupaten dilaksanakan, KPU Lamongan masih menunggu kemungkinan adanya pasangan calon yang mengajukan Perselisihan Hasil Pemilhan Umum (PHPU) ke Mahkamah Konstitusi.  Jika tidak, maka KPU akan melakukan tahapan selanjutnya.

"Ada waktu tiga hari sejak ketok palu penetapan suara ini untuk mengajukan PHPU ke MK, jika tidak ada yang mengajukan ke MK, maka kita tinggal menunggu Buku Registrasi Perkara konstitusi (BPRK)," imbuhnya.

Untuk jumlah suara sah sendiri sebanyak 790.117, suara tidak sah 14.444 suara. Jadi total untuk suara sah dan suara tidak sah itu sebanyak 804.561 suara.

Baca Juga: Sebelum Nyoblos, Cabup Yuhronur Borong Bubur dan Bagikan ke Warga

Verified Writer

Imron Saputra

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya