TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Viral Video Emak-emak Diintimidasi Petugas PKH, Bawaslu Turun Tangan

Jika tak memilih salah satu paslon tak akan dapat bantuan

Gedung Bawaslu Lamongan. IDN Times/Imron
Lamongan, IDN Times - Sebuah video yang berdurasi sekitar 2 menit yang memperlihatkan pengakuan seorang emak-emak diancam akan dihapus dari daftar penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) jika tidak memilih salah satu Pasangan Calon (Paslon) bupati tertentu, oleh petugas pendamping PKH mendadak viral di media sosial. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Lamongan pun langsung mengusut kebenaran video tersebut.

1. Kasus beredarnya video itu, kini tengah ditangani Panwascam

Kantor Bawaslu Lamongan. IDN Times/Imron
Anggota Bawaslu Divisi Penindakan Pelanggaran, Amin Wahyudin saat ditemui IDN Times di ruang kerjanya mengaku sudah menginstruksikan kepada Panwascam untuk menyelidiki sumber video itu berasal. Hasil laporan awal, ternyata video tersebut dibuat oleh warga yang berdomisili di Kecamatan Modo dan bukan Kecamatan Maduran. "Bukan dari Maduran, saya orang Kecamatan Laren, dan saya tahu betul logat bahasa dalam video itu," kata Amin, Selasa (3/11/2020)

Baca Juga: Tradisi Unik Warga Lamongan, Berburu Ikan Mabuk di Bengawan Solo

2. Belum bisa memastikan video tersebut masuk kategori pelanggaran pemilu

Anggota Bawaslu Lamongan, Amin Wahyudin. IDN Times/Imron
Karena masih dalam penyelidikan, Amin pun belum bisa memastikan apakah video tersebut masuk dalam kategori pidana atau pelanggaran pemilu lainnya. Yang jelas saat ini jajaran Panwascam Modo sudah melakukan penyelidikan video tersebut.
 
"Kita sudah bekerja dan meminta waktu, nanti kalau kasus ini sudah selesai diselidiki, mereka Panwascam juga akan melaporkan temuan ini ke kami," katanya

Baca Juga: Dinsos Tuban Temukan Data BPNT dan PKH Tak Tepat Sasaran

Verified Writer

Imron Saputra

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya