TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Bandara Kertajati Segera Beroperasi, Kemenhub: Ekonomi Akan Tumbuh Pesat

Konektivitas akan melancarkan perekonomian

IDN Times/Indiana Malia

Majalengka, IDN Times - Bandara Internasional Kertajati di Majalengka, Jawa Barat, yang ditargetkan beroperasi pada Juni 2018 akan menjadi bandar udara yang didukung oleh intermoda, yaitu udara yang didukung oleh darat, laut dan kereta api.

Baca juga: Menhub Budi Karya Ternyata Suka Menulis Puisi dan Mengagumi Raisa

1. Letak bandara sangat strategis

IDN Times/Indiana Malia

Letak Bandara Kertajati sangat strategis karena dekat dengan Pelabuhan Laut Patimban yang saat ini tengah dikerjakan pembangunannya. Selain itu, akses ke bandara dengan moda transportasi darat akan dimudahkan oleh Jalan Tol Cipali bagi masyarakat Jakarta dan Jalan tol Cisumdawu yang saat ini tengah dibangun, bagi masyarakat Bandung.

"Sedangkan moda transportasi lain, yaitu kereta api akan dibuat jalur rel kereta dari bandara yang terkoneksi langsung dengan jalur utama kereta api di Pulau Jawa," ungkap Dirjen Perhubungan Udara Agus Santoso saat meninjau bakal Bandara Kertajati, Rabu (4/4). 


2. Konektivitas akan melancarkan perekonomian

IDN Times/Indiana Malia

Menurut Agus, konektivitas transportasi akan melancarkan arus barang dan penumpang. Dengan demikian, keberadaan bandara akan memberikan efek positif bagi kesejahteraan  masyarakat sekitar dan perekonomian nasional. Transportasi sebagai urat nadi perekonomian akan hadir dengan adanya bandara ini. 

"Presiden Joko Widodo berulang kali mengatakan bahwa untuk meningkatkan perekonomian yang paling penting adalah  konektivitas, konektivitas dan konektivitas. Perekonomian akan tumbuh dan meningkat jika konektivitas transportasinya lancar dengan berbagai moda. Jadi konektivitas moda transportasi yang ada di bandara ini sudah sesuai dengan program Pemerintah yang tertuang dalam Nawa Cita  terutama Cita ke 3 dan ke 7," ujar Agus.

Baca juga: Catat Tanggalnya, Kemenhub Adakan Program Mudik Gratis Lagi Nih!

 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya