TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Ancaman Virus Corona, Ridwan Kamil: Jawa Barat Siap Lockdown

Emil memprediksi puncak kasus di Jabar terjadi akhir Maret

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Bappenas, Menteng, Jakarta Pusat (IDN Times/Lia Hutasoit)

Jakarta, IDN Times - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan siap untuk melakukan lockdown. Emil, demikian dia biasa disapa, telah melakukan simulasi dengan lembaga terkait jika akhirnya diputuskan lockdown.

“Karena skenario terburuk kami ini akhir Maret, jadi menurut hitungan algoritma dari tim ahli ITB kemungkinan Jabar puncaknya di akhir Maret,” kata Emil di acara Indonesia Lawyer Club tadi malam, Selasa (17/3).

Baca Juga: Ridwan Kamil dan Istri Umumkan Negatif Virus Corona 

1. Emil memastikan persediaan pangan Jabar cukup hadapi lockdown akibat virus corona

IDN Times/Debbie Sutrisno

Sebelum lockdown, Emil telah memastikan bahan makanan pokok tersedia cukup. Ia telah melakukan simulasi agar tidak terjadi kerusuhan akibat panic buying.

“Kalau berdasarkan laporan BULOG, InsyaAllah kami siap karena dengan kondisi hari ini, hitungan cadangan gula, beras, dan lain-lain. Kita sudah siap dan kita sudah simulasikan bagaimana warga mendapatkan, jika lockdown terjadi sehingga tidak ada rusuh, tidak ada orang mengambil keuntungan. Dengan sebuah prosedur yang sudah kita siapkan,” ujar Emil.

2. Keamanan dan pelayanan rumah sakit untuk pasien COVID-19 juga dipersiapkan

ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Selain itu, Emil juga telah berkoordinasi dengan TNI-Polri untuk pengamanan dan memaksimalkan layanan bagi pasien virus corona atau COVID-19 selama lockdown.

“Kita sudah melakukan skenario lockdown bagaimana jalan-jalan ditutup oleh beberapa personel, Polda dan Pangdam sudah aktif bersama kami, termasuk pola jika lockdown ini menghasilkan sebuah situasi pasien begitu banyak maka barak-barak di Jabar sudah disiapkan untuk skenario terburuk,” ujarnya.

Baca Juga: Ridwan Kamil Sudah Prediksi Virus Corona Masuk Awal Februari

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya