TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Bahas Paspor Djoko Tjandra, Anggota Komisi III Cecar Dirjen Imigrasi

DPR menduga ada peran keimigrasian bantu Djoko Tjandra

Komisi lll DPR RI menggelar rapat kerja bersama Menkumham Yasonna Laoly, Senin (24/2) (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Jakarta, IDN Times - Komisi III DPR RI menggelar Rapat Dengar Pendapat dengan Dirjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), membahas evaluasi layanan sistem informasi keimigrasian, termasuk kasus buron kelas kakap Djoko Tjandra.

Dalam kesempatan tersebut, Komisi III DPR mencecar Dirjen Imigrasi Jhoni Ginting soal alasan Djoko Tjandra bisa memperoleh paspor.

“Makin meyakinkan kita bahwa masuknya Djoko ini memang dikawal, dikasih karpet merah oleh pemerintah. Saya lebih setuju lebih senang bila pemerintah terbuka bahwa kita memang membutuhkan Djoko di situasi COVID-19 ini untuk investasi,” kata anggota Komisi III Benny Kabur Harman, Senin (13/7/2020).

Baca Juga: Lurah Grogol Selatan Terbitkan KTP Djoko Tjandra, Anies: Ini Fatal!

1. Benny minta Jokowi menjelaskan ke publik terkait kasus Djoko Tjandra

Jokowi tinjau food estate di Kalimantan Tengah (Dok. IDN Times/Biro Pers Kepresidenan)

Politikus Partai Demokrat itu lantas meminta Presiden Joko "Jokowi" Widodo menjelaskan apa yang terjadi di balik kasus pengalihan hak tagih Bank Bali itu.

“Pemberitaan Tempo beberapa tahun lalu, adik Djoko ini hadir dalam jamuan makan malam dengan presiden, fotonya ada. Jadi kalau tidak ada penjelasan publik, nanti punya analisa imajinasi, wah jelas, setelah adik Djoko ketemu presiden dibukalah pintu masuk,” ujar Benny.

2. Taufik menduga ada kemungkinan keterlibatan pejabat keimigrasian

Rekam jejak Djoko Tjandra selama berada di Indonesia. (IDN Times/Arief Rahmat)

Anggota Komisi III Fraksi NasDem Taufik Basari juga menduga adanya kemungkinan pembuatan paspor Djoko Tjandra melibatkan banyak pihak, termasuk pejabat keimigrasian.

“Djoko kan gak sendirian, gak mungkin urus hal kecil sendirian, pasti melibatkan orang dengan kualifikasi tertentu. Ini keterlibatan jaringan mafia hukum. Ini harus dibongkar, ada di mana-mana, termasuk membantu keluar Djoko 2009 dan masuk ke Indonesia, termasuk urus paspor karena dibantu,” ujar Taufik.

Baca Juga: Bisa ke Indonesia, Djoko Tjandra Disebut Dapat Surat Jalan dari Oknum

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya