TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Fraksi PAN di DPR Dukung PSBB Total Jakarta dengan Catatan

Masyarakat ekonomi menengah ke bawah harus diperhatikan

Anggota komisi IX DPR RI, Saleh Partaoan Daulay di diskusi akhir pekan di kawasan Jakarta Pusat (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Jakarta, IDN Times - Ketua Fraksi PAN DPR RI Saleh Partaonan Daulay, mendukung keputusan Gubernur DKI Jakarta untuk pemberlakuan PSBB total. Harapannya, dengan status tersebut penyebaran virus COVID-19 dapat dikurangi secara signifikan.

“Status PSBB ini harus diikuti dengan tindakan tegas. Kedisiplinan warga harus ditingkatkan. Tidak boleh hanya sebagian yang taat, sebagian lain tidak. Partisipasi seluruh masyarakat sangat menentukan keberhasilan penetapan status PSBB total ini,” kata Saleh saat dihubungi, Kamis (10/9/2020).

Baca Juga: Apa Kabar Ganjil Genap Jakarta saat PSBB Total Nanti?

1. Masyarakat menengah ke bawah harus diperhatikan

Jakarta berstatus PSBB. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Namun demikian, penetapan status PSBB total dinilai memiliki konsekuensi. Sebab, akan berimplikasi pada kegiatan perekonomian terutama masyarakat ekonomi menengah ke bawah yang paling berdampak

“Ini mesti harus dipikirkan. Setiap kebijakan, ada konsekuensinya. Pemerintah DKI tentu sudah memikirkan itu. Bisa saja, Pemerintah DKI kembali memberikan bantuan sosial lagi. Kali ini, harus diberikan bagi mereka yang benar-benar membutuhkan. Bantuannya harus tepat sasaran,” ujar Saleh.

2. PSBB harus dipertimbangkan oleh daerah lain

Satpol PP memberi sanksi terhadap pelanggar PSBB di Jakarta (Instagram.com/satpolpp.dki)

Kebijakan Pemerintah DKI ini perlu dipertimbangkan untuk diberlakukan di daerah lain. Terutama daerah yang dinilai masih zona merah. Mobilitas masyarakat harus betul-betul diatur dan dibatasi. Sudah saatnya dipastikan tidak ada penularan antara satu daerah ke daerah lainnya.

"Indonesia sedang dipantau dunia internasional. Sudah 59 negara yang melarang kita untuk berkunjung. Tentu ini pekerjaan besar untuk memulihkan kondisi agar kembali seperti semula,” ujar Wakil Ketua MKD itu.

Baca Juga: Catat Ya, 6 Hal Ini Dilarang dan Dibatasi saat PSBB Total di Jakarta!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya