TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Khilafatul Muslimin Lampung Simpan Uang Rp2,3 Miliar di Brankas Besi

Temuan saat penangkapan 2 tersangka di Lampung

Polisi tangkap empat pimpinan Khilafatul Muslimin di wilayah Jawa Tengah (Jateng) dan Lampung. (dok. Humas Polri)

Jakarta, IDN Times - Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya menemukan barang bukti berupa uang Rp2,3 miliar yang disimpan di brankas yang ada di kantor pusat Khilafatul Muslimin, Lampung, Sabtu (11/6/2022).

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Endra Zulpan mengatakan, pihaknya juga menemukan buku tabungan rekening penampung dana.

“Ditemukan beberapa barang bukti di antaranya brankas besi sebanyak empat unit, berisi uang tunai lebih dari Rp2,3 miliar,” ujar Zulpan di Polda Metro Jaya, Minggu (12/6/2022).

Baca Juga: Dua Petinggi Khilafatul Muslimin Ditangkap di Medan dan Bekasi

Baca Juga: Polisi Tangkap Sekretaris Khilafatul Muslimin bersama Uang Rp2,3 M

1. Polda Metro tangkap empat tersangka

Ilustrasi tersangka (IDN Times/Mardya Shakti)

Penyidik juga menangkap empat petinggi Khilafatul Muslimin di Lampung, Medan, dan Bekasi pada Sabtu (11/6/2022). Zulpan mengatakan, keempat tersangka memiliki peran penting di Khilafatul Muslimin.

Empat tersangka yang ditangkap berinisial AA, IN, F, dan SW. Mereka ditangkap berdasarkan pengembangan penyidikan setelah penangkapan pimpinan tertinggi organisasi tersebut, Abdul Qodir Baraja di Lampung pada Selasa (7/6/2022).

AA ditangkap di Lampung dan berperan sebagai sekretaris Khilafatul Muslimin yang menjalankan operasional dan keuangan organisasi. Lalu IN yang juga ditangkap di Lampung dan berperan menyebarkan doktrin melalui sistem pendidikan dan pelatihan yang dilakukan Khilafatul Muslimin.

“Kemudian F ditangkap di Kota Medan sebagai penanggung jawab dan pengumpul dana Khilafatul Muslimin serta yang ditangkap di Kota Bekasi inisialnya SW, perannya pengurus dan pendiri bersama pimpinan petinggi mereka,” ujar Zulpan.

2. Polisi juga menemukan atribut hingga buku terkait Khilafatul Muslimin

Polisi tangkap empat pimpinan Khilafatul Muslimin di wilayah Jawa Tengah (Jateng) dan Lampung. (dok. Humas Polri)

Zulpan menjelaskan, selain melakukan penangkapan, pihaknya juga menggeledah dan berhasil mengamankan barang bukti. Di antaranya, selebaran maklumat, buku, dan dokumen lainnya terkait paham Khilafatul Muslimin.

"Beberapa atribut ormas Khilafatul Muslimin, dokumen, komputer yang sekarang sudah dibawa oleh tim. Tentu akan dilakukan pemeriksaan oleh tim terkait unit komputer tersebut,” kata Zulpan.

Baca Juga: Pengikut Khilafatul Muslimin Punya NIK Pengganti KTP

Baca Juga: Sumber Dana Khilafatul Muslimin Ternyata dari Kotak Amal Majelis

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya