Polisi Tangkap Sekretaris Khilafatul Muslimin bersama Uang Rp2,3 M

AA ditangkap di kantor pusat Khilafatul Muslimin Lampung

Jakarta, IDN Times - Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya menangkap empat petinggi Khilafatul Muslimin. Penangkapan dilakukan di Lampung, Medan dan Bekasi pada Sabtu (11/6/2022).

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan mengatakan, keempat tersangka ini memiliki peran penting di Khilafatul Muslimin.

“Telah berhasil menangkap empat orang yang merupakan bagian dari pengurus yang memiliki peran sangat penting dalam kepengurusan Khilafatul Muslimin,” kata Zulpan di Polda Metro Jaya, Minggu (12/6/2022).

Baca Juga: Polisi Temukan Dokumen NII hingga ISIS di Kantor Khalifatul Muslimin 

1. Ini peran keempat tersangka Khilafatul Muslimin

Polisi Tangkap Sekretaris Khilafatul Muslimin bersama Uang Rp2,3 MPenggeledahan Kantor Khilafatul Muslimin di Surabaya. dok. Subdit I Kamneg Ditreskrimum Polda Jatim

Zulpan menjelaskan, empat tersangka yang ditangkap berinisial AA, IN, F dan SW. Keempatnya ditangkap berdasarkan pengembangan penyidikan setelah penangkapan pemimpin tertinggi Khilafatul Muslimin, Abdul Qodir Baraja, di Lampung pada Selasa (7/6/2022).

AA ditangkap di Lampung, ia berperan sebagai sekretaris Khilafatul Muslimin yang menjalankan operasional dan keuangan organisasi. Sedangkan IN, juga ditangkap di Lampung berperan menyebarkan doktrin melalui sistem pendidikan dan pelatihan yang dilakukan Khilafatul Muslimin.

“Ketiga F ditangkap di Kota Medan sebagai penanggung jawab dan pengumpul dana dari khilafatul muslimin.
Kemudian keempat ditangkap di kota Bekasi inisialnya SW, ini perannya pengurus dan juga pendiri bersama pimpinan petinggi mereka,” ujar Zulpan.

2. Penyidik temukan selebaran maklumat, buku, dan dokumen Khilafatul Muslimin

Polisi Tangkap Sekretaris Khilafatul Muslimin bersama Uang Rp2,3 MPolisi tangkap empat pimpinan Khilafatul Muslimin di wilayah Jawa Tengah (Jateng) dan Lampung. (dok. Humas Polri)

Zulpan menjelaskan, selain melakukan penangkapan, pihaknya juga menggeledah dan berhasil mengamankan barang bukti. Di antaranya selembaran maklumat, buku dan dokumen lainnya terkait paham Khilahatul Muslimin.

“Kemudian beberapa atribut ormas Khilafatul Muslimin, dokumen, komputer yang sekarang sudah dibawa oleh tim. Yang tentu akan dilakukan pemeriksaan oleh tim  unit komputer,” ujar Zulpan.

3. Polisi amankan barang bukti uang Rp2,3 miliar

Polisi Tangkap Sekretaris Khilafatul Muslimin bersama Uang Rp2,3 MIlustrasi tersangka (IDN Times/Mardya Shakti)

Polisi juga berhasil mengamankan barang bukti berupa uang Rp2,3 miliar saat penggeledahan di kantor pusat Khilafatul Muslimin di Lampung. Selain itu, terdapat buku tabungan rekening penampung dana.

“Ditemukan beberapa barbuk di antaranya kita temukan berangkas besi sebanyak empat unit, yang berisi uang tunai lebih dari Rp2,3 miliar,” ujar Zulpan.


 

Baca Juga: Lagi, Polisi Tangkap 5 Anggota Khilafatul Muslimin di Lampung 

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya