TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

PKS: Pidato Presiden soal Penanggulangan COVID-19 Harus Direalisasikan

Industri obat dan kesehatan harus didukung pemerintah

Sebelum uji swab pelaku perjalanan mengisi blangko administrasi. IDN Times/Daruwaskita

Jakarta, IDN Times - Anggota Komisi IX DPR RI Fraksi PKS Kurniasih Mufidayati mengatakan, optimisme yang disampaikan Presiden Joko "Jokowi" Widodo dalam pidato Sidang Tahunan MPR, harus diikuti dengan langkah konkret yang eksponensial atau lompatan signifikan dalam menekan angka positif dan kematian akibat pandemik COVID-19.

Pemerintah, kata Mufida, tidak boleh lagi gagap dan harus lebih fokus menyiapkan skenario baru mengatasi perluasan pandemik COVID-19, sebagai wujud tanggung jawab negara melindungi kesehatan rakyat Indonesia, sebagaimana amanah undang-undang.

"Kita sudah punya instrumen penanggulangan pandemi ini dalam UU No 6 Tahun 2018 tentang kekarantinaan kesehatan. Artinya, negara ini sudah menyiapkan diri menghadapai berbagai kemungkinan-kemungkinan munculnya wabah kesehatan. Tinggal implementasinya di lapangan perlu ditingkatkan," papar Mufida dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (15/8/2020).

Baca Juga: Pidato Lengkap Presiden Jokowi di Sidang Tahunan MPR RI Tahun 2020

1. Presiden harus jadikan kesehatan prioritas

IDN Times/Hana Adi Perdana

Keinginan Presiden Jokowi untuk menjadikan momentum pandemik COVID-19 sebagai lompatan besar, menurut Mufida, harus tetap menggunakan kacamata kesehatan sebagai pertimbangan utama, harus menjadi landasan dalam kerja Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional.

“Jangan jadikan pertimbangan kesehatan pada prioritas kesekian setelah prioritas lainnya. Melalui pandemik ini kita belajar bahwa kebijakan kesehatan ternyata bisa berpengaruh besar terhadap semua sektor dalam kehidupan kita, baik dalam keseharian, ekonomi, dan dalam kebijakan lainnya," ungkap dia.

2. PKS berharap dukungan industri obat dan bidang kesehatan mampu diwujudkan

KASAD TNI Perintahkan Puskesad Salurkan Alat Kesehatan ke 69 RS TNI AD (Dok. YouTube TNI AD)

Mufida berharap, pandangan kenegaraan Presiden terkait dukungan penuh terhadap industri obat dan bidang kesehatan benar-benar diwujudkan.

Di momen peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia ini, Mufida mengingatkan tanggung jawab pemerintah terhadap kesehatan rakyat Indonesia, dan mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama sama mewujudkan Indonesia Sehat.

Baca Juga: Sidang Tahunan MPR, Jokowi: Hukum Harus Ditegakkan Tanpa Pandang Bulu

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya