TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Polisi Sita Twitter Roy Suryo Terkait Kasus Meme Stupa Mirip Jokowi

Twitter Roy jadi barang bukti sebagai terlapor

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Endra Zulpan (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Jakarta, IDN Times - Polda Metro Jaya menyita akun media sosial Twitter milik Eks Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo, dengan nama akun @KRMTroysuryo2.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan menjelaskan, akun Twitter tersebut disita untuk dijadikan alat bukti dalam dugaan kasus penistaan agama oleh Roy Suryo.

"Iya disita, yang dia gunakan untuk upload-an itu. Apa itu nama akunnya kemarin yang saya sebutkan @KRMTroysuryo9," ujar Zulpan di Polda Metro Jaya, Kamis (30/6/2022).

Baca Juga: Kasus Stupa Naik Penyidikan, Roy Suryo Janji Mau Buka-bukaan di Polda

1. Penyitaan akun dilakukan dalam rangka penyidikan

Logo Twitter (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Zulpan mengatakan, penyitaan dilakukan dalam rangka proses penyidikan kasus dugaan menistakan agama oleh Roy Suryo lewat akun media sosial itu. Roy dilaporkan karena unggahan stupa mirip Presiden Joko ‘Jokowi’ Widodo.

"Iya akun itu yang dia gunakan," kata Zulpan menjelaskan.

2. Kasus Roy Suryo naik penyidikan

Eks Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo memenuhi panggilan Polda Metro Jaya sebagai saksi pelapor dalam kasus unggahan meme stupa candi Borobudur, Kamis (30/6/2022). (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Sebelumnya, Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengatakan, kasus unggahan meme patung di Candi Borobudur yang diedit mirip wajah Presiden Jokowi telah naik ke tahap penyidikan.

Adapun unggahan itu sempat viral dan diunggah ulang Roy Suryo dalam akun Twitter @KRMTRoySUryo2.

"Statusnya dari proses penyelidikannya sudah dilakukan ditingkatkan penyidikan," kata Dedi di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (28/6/2022).

Baca Juga: Bawa Saksi Umat Budha, Roy Suryo Penuhi Panggilan Polisi 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya