TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Polri Evaluasi Satgas Nemangkawi Sebelum Terjunkan Densus 88 ke Papua

Operasi Satgas Nemangkawi berakhir Juni 2021

Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua kembali melakukan aksi terornya dengan menembaki Prajurit TNI dari Yonif R 400/BR yang mengakibatkan dua prajurit TNI gugur (Dok. TNI)

Jakarta, IDN Times - Asisten Kapolri bidang Operasi Inspektur Jenderal Imam Sugianto mengatakan, akan mengevaluasi Satgas Nemangkawi sebelum melibatkan Datasemen Khusus (88) Antiteror Polri dalam pengejaran Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua.

Densus 88 akan dilibatkan dalam pengejaran KKB setelah pelabelan teroris terhadap KKB oleh pemerintah.

“(Satgas Nemangkawi) Akan dievaluasi untuk afektivitasnya,” kata Imam saat dihubungi, Senin (3/5/2021).

Baca Juga: TPNPB-OPM Sasar Orang Jawa, Polri Jamin Keamanan Semua Warga di Papua

1. Pola pengejaran KKB akan diubah

Anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) Lekagak Teleggen masuk daftar DPO Polri. ANTARA/HO-Humas Nemangkawi)

Polri juga akan mengubah pola pengejaran KKB di Papua saat operasi tahap I Satgas Nemangkawi selesai pada Juni 2021. Namun demikian, perubahan pola pengejaran termasuk pelibatan Densus 88 masih menunggu persetujuan Kapolri.

“Sudah on going ya (perubahan pola pengejaran) karena waktu operasi tahap I selesai Juni nanti. Nanti kita mintakan juk Kapolri dulu,” kata Imam.

2. Densus 88 akan dilibatkan dalam pengejaran KKB

Ilustrasi Densus 88. ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

Sebelumnya, Pemerintah lewat Kemenko Polhukam resmi menetapkan KKB dan Organisasi Papua Merdeka (OPM) sebagai kelompok teroris. Merespons hal tersebut, Polri langsung menyiapkan Densus 88 Antiteror untuk dilibatkan dalam operasi pengejaran di Papua.

“Artinya kalau sudah ditetapkan gitu, Densus nanti harus kita ikutkan membantu. Paling tidak memetakan, segala macam itu,” kata Asisten Kapolri bidang Operasi Inspektur Jenderal Imam Sugianto saat dihubungi, Kamis (29/4/2021).

Baca Juga: Enam Polwan Bergabung ke Satgas Nemangkawi Tumpas KKB Papua

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya