TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Polri Sebut Kelangkaan Minyak Goreng karena Keterlambatan Distribusi

Meningkatnya permintaan juga jadi sebab minyak goreng langka

ilustrasi minyak goreng. (IDN Times/Sunariyah)

Jakarta, IDN Times - Satgas Pangan Polri mengatakan, kelangkaan minyak goreng di retail modern dan kecil di wilayah Jabodetabek seperti Indomart dan Alfamart disebabkan oleh keterlambatan distribusi dari distributor minyak goreng.

Dirtipideksus Bareskrim Polri Brigjen Whisnu Hermawan Februanto mengatakan, distribusi pada retail modern kecil dilakukan dalam dua sampai empat hari sekali.

“Penyebab kekosongan stok, dikarenakan terlambatnya pengiriman minyak goreng dari distributor dan tingginya antusias masyarakat untuk membeli minyak goreng, untuk mengendalikan, dibatasi pembelian sebanyak 1 liter," ujar Whisnu saat dihubungi, Senin (7/2/2022).

Baca Juga: Kebijakan Sudah Digonta-ganti, Minyak Goreng Masih Sulit Dijangkau

1. Masyarakat lebih memilih membeli minyak goreng di retail modern

Minyak goreng di Superindo Bandar Lampung (IDN Times/Silviana)

Whisnu menjelaskan, retail modern kecil menjual minyak goreng sesuai harga eceran tertinggi (HET), yakni Rp14 ribu per liter. Ia mengatakan, warga memilih membeli minyak goreng di retail modern daripada pasar tradisional karena harga yang lebih murah sehingga stok cepat habis.

“Para konsumen atau masyarakat memilih membeli minyak goreng di retail modern, karena harganya sudah mengikuti kebijakan pemerintah yakni sesuai HET sebesar Rp14 ribu per liter, lebih murah dari harga di pasar tradisional," katanya.

2. Satgas Pangan akan melakukan sidak ke pasar tradisional

Pedagang menunjukkan minyak goreng curah di Pasar Agung, Depok, Jawa Barat, Rabu (8/12/2021). (ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha)

Whisnu mengatakan sidak selanjutnya bakal dilakukan pada pasar tradisional di wilayah Jabodetabek. Dia menyebut Satgas Pangan akan berkoordinasi dengan Kementerian Perdagangan (Kemendag).

"Melaksanakan pengecekan dan monitoring ketersediaan, distribusi dan harga minyak goreng di pasar tradisional di wilayah Jabodetabek," tuturnya.

Baca Juga: Ternyata Ini Biang Kerok yang Ganggu Pasokan Minyak Goreng 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya