TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Seandainya Kalah Pilpres 2019, Sandiaga Sudah 'Investasi' Pilpres 2024

Untung rugi Sandiaga maju di Pilpres 2019

IDN Times/Irfan Fathurohman

Jakarta, IDN Times - Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) sekaligus Pengamat Politik Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) Jakarta Ujang Komarudin mengatakan, nampaknya tak rugi Calon Wakil Presiden Sandiaga Uno kalah pada pertarungan Pilpres 2019.

Sebab, Sandiaga dimungkinkan maju atau malah sedang mempersiapkan diri untuk Pilpres 2024.

“Karena keuntungan Sandi adalah ia dikenal oleh masyarakat, karena hari ini dia berkampanye, mensosialisasikan program-program yang diusungnya. Bisa saja hari ini adalah keuntungan investasi nama besar dia, nama baik dia untuk Pilpres 2024, itu keuntungannya,” kata Ujang kepada IDN Times, Senin (19/11).

Baca Juga: Sandiaga Janji akan Teruskan Program Jokowi-JK yang Satu Ini

1. Sandiaga investasi suara pada Pilpres 2024

IDN Times/Irfan Fathurohman

Ujang menegaskan, posisi Sandi menang atau kalah di Pilpres 2019 berada pada pihak yang diuntungkan.

“Paling tidak dia sudah investasi nama yang sudah dikenal oleh masyarakat Indonesia. Seperti halnya AHY (Agus Harimurti Yudhoyono), AHY muncul di Jakarta, Jakarta sebagi barometer Indonesia, maka namanya dikenal seluruh Indonesia. Apalagi hari ini Sandi road show-road show ke daerah-daerah, artinya ia sudah menginvestasi nama untuk Pilpres 2024,” ucap Ujang.

2. Kerugian Sandiaga pada Pilpres 2019

Murut Ujang, sisi negatifnya untuk Sandiaga adalah keuangan atau logistik banyak dikeluarkan untuk kepentingan kampanye di Pilpres 2019. Menurutnya, selama ini Koalisi Adil Makmur dinilai bergantung pada saku Sandiaga. Bagaimana tidak, Sandi penyumbang terbesar di koalisi ini, yakni 83,73 persen.

“Kedua hanya saya rasa, hari ini mungkin logistik, bisa jadi logistik dia, keuangan dia bisa berkurang karena untuk biaya-biaya politik yang saya rasa tidak kecil, karena tim Prabowo mengandalkan isi kantong Sandi. Baik dari Sandinya sendiri maupun Prabowo dan partai koalisinya, ini sangat menggantungkan pada keuangan Sandi, bisa jadi keuangan itu bisa menguras isi kantong Sandi,” kata dia.

Baca Juga: Prabowo-Sandiaga Akan Terapkan Kebijakan Orba, Ini Kata Pengamat

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya