TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Siap-siap! CPNS 2021 Prioritaskan Tenaga Kesehatan

Menpan-RB juga siapkan 1 juta formasi guru

Ilustrasi ASN (IDN Times/Ervan)

Jakarta, IDN Times - Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo mengatakan pemerintah akan memprioritaskan tenaga kesehatan dan teknis di seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2021.

“Pemerintah memberikan prioritas untuk pemenuhan tenaga guru kesehatan dan teknis untuk mendukung program pembangunan nasional,” kata Tjahjo dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi II DPR RI, di Jakarta, Kamis 19 November 2020 lalu.

Baca Juga: Hore, Seleksi CPNS 2021 Segera Dibuka!

1. Tenaga kesehatan sangat minim

Ilustrasi swab test (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Tjahjo menjelaskan, guru, perawat, bidan, dan dokter baik di puskesmas pembantu atau rumah sakit rujukan sangat minim saat ini. Bahkan PNS bidang administrasi saat ini juga ada yang menjadi guru atau penyuluh kesehatan.

“Karena 1,6 juta ASN yang tenaga administrasi itu banyak diberikan tugas sebagai guru, sebagai penyuluh kesehatan,” ujarnya.

2. Pemerintah siapkan 1 juta formasi tenaga guru di CPNS 2021

Sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) menandatangani petisi sebagai ikrar netralitas ASN pada Pilkada serentak tahun 2020 di Batam, Kepulauan Riau, Senin (19/10/2020). ANTARA FOTO/Teguh prihatna

Selain tenaga kesehatan, Pemerintah juga telah menyiapkan 1 juta formasi tenaga guru di CPNS 2021. Tjahjo memastikan anggaran untuk menyerap CPNS sudah disiapkan Menteri Keuangan Sri Mulyani.

“Rapat kami antara PAN-RB, BKN, Mendagri, Menkeu, Mendikbud selesai untuk pengadaan satu juta tenaga guru,” kata Tjahjo.

Baca Juga: Seleksi CPNS Segera Dibuka, Pemerintah Lagi Atur Formasi dan Kebutuhan

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya