TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

BMKG: Tsunami Akibat Erupsi Gunung di Tonga Tak Terjang Indonesia

Wilayah Indonesia tak terdampak erupsi gunung di Tonga

Letusan gunung berapi bawah laut di lepas pantai Tonga yang memicu peringatan tsunami untuk beberapa negara kepulauan Pasifik Selatan, terlihat dalam gambar dari satelit NOAA GOES-West yang diambil pada pukul 05:00 GMT Sabtu, 15 Januari 2022 (ANTARA FOTO/CIRA/NOAA/Handout via REUTERS)

Jakarta, IDN Times - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memastikan tsunami akibat erupsi gunung bawah laut di perairan Tonga tak menerjang Indonesia. Kepastian itu didapat dari hasil observasi muka laut.

"Letusan gunung api tersebut tidak menimbulkan tsunami di wilayah Indonesia," kata Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Bambang Setiyo Prayitno dalam keterangannya, Minggu (16/1/2022).

Diketahui, gunung bawah laut di Tonga mengalami erupsi besar pada Sabtu (15/1/2022). Imbasnya beberapa daerah mengalami tsunami.

Baca Juga: 5 Potret Letusan Gunung Bawah Laut Tonga yang Sebabkan Tsunami

1. BMKG imbau masyarakat Indonesia tenang

Ilustrasi gelombang tsunami. (IDN Times/Sukma Shakti)

Bambang menegaskan ancaman tsunami akibat erupsi gunung bawah laut di Tonga tidak menimbulkan bahaya di wilayah Indonesia. Ia mengimbau masyarakat untuk tenang.

"Oleh karena itu, masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," ujarnya.

2. Daerah di Papua Nugini dan Australia diterjang tsunami

Tsunami melanda ibu kota Tonga, Nuku'alofa tak lama setelah gunung bawah laut di Tonga meletus (www.twitter.com/@sakakimoana)

Pacific Tsunami Warning Center (PTWC) melaporkan tsunami menerjang beberapa wilayah di berbagai negara. Di antaranya daerah Twofold Bay, Australia, pada 15 Januari 2022 pukul 19.05 WIB diterjang tsunami dengan ketinggian 67 cm.

Selanjutnya, daerah Lombrum Manus Island di Papua Nugini pada tanggal 15 Januari 2022 pukul 20.00 WIB diterjang tsunami dengan ketinggian 20 cm.

Baca Juga: Tonga Dilanda Tsunami karena Gunung Berapi Bawah Laut Meletus

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya