Comscore Tracker

5 Potret Letusan Gunung Bawah Laut Tonga yang Sebabkan Tsunami

Gelombang tsunami terjadi hingga ke Jepang

Jakarta, IDN Times - Gunung bawah laut Hunga Tonga-Hunga Ha'apai di Kepulauan Tonga meletus pada Sabtu, 15 Januari 2022. Letusan dahsyat itu menyebabkan terjadinya gelombang tsunami di Hawaii, Pulau terbesar di Tonga, Tongatapu, bahkan hingga ke Jepang. 

Dikutip dari stasiun berita CNN Internasional, Gunung Hunga Tonga-Hunga Ha'apai sesungguhnya kali pertama meletus sejak Jumat, 14 Januari 2022. Letusan pada hari Sabtu adalah letusan kedua. 

Erupsi gunung di bawah laut itu menyemburkan gas dan debu ke udara hingga mencapai ketinggian 20 kilometer. Beberapa gambar yang diambil dari pemantauan satelit menunjukkan awan abu besar dan gelombang air laut yang tiba-tiba menjadi pasang. 

Abu sempat terlihat turun dari langit di ibu kota Tonga, Nuku'alofa, pada Sabtu, 15 Januari 2022. Jaringan telepon hingga saat ini masih terputus. 

Erupsi kemudian menyebabkan gelombang tsunami parah di Pulau Tongatapu, di mana ibu kota berada. Beberapa foto dan video yang viral di media sosial menunjukkan gelombang air laut membanjiri jalan-jalan di pesisir dan rumah-rumah warga. 

Laman berita RNZ melaporkan, warga terlihat panik dan melarikan diri ke tempat yang lebih tinggi ketika ombak menyapu tepi laut, jalan utama dan jalan Istana Kerajaan Tonga. Meski erupsi terjadi sore hari, tetapi video menunjukkan langit terlihat sudah sangat gelap akibat tertutup awan abu. 

Raja Tonga, Tupou VI, dilaporkan dievakuasi dari istana. Media setempat melaporkan sempat terlihat konvoi polisi dan pasukan yang membawa raja ke sebuah vila di Mata Ki Eua.

Sementara, Kementerian Luar Negeri memastikan terdapat WNI di Pulau Tonga. Namun, belum diketahui apakah ada WNI yang menjadi korban. Berikut adalah foto yang menggambarkan dahsyatnya letusan gunung bawah laut di Tonga.

1. Gunung api bawah laut Hunga Tonga-Hunga Ha'apai dilaporkan sudah 'batuk-batuk' sejak 2021

5 Potret Letusan Gunung Bawah Laut Tonga yang Sebabkan TsunamiGunung api bawah laut Hunga Tonga-Hunga Ha'apai yang meletus pada Jumat, 14 Januari 2022 (Dokumentasi Tonga Geological Services)

Baca Juga: Tonga Dilanda Tsunami karena Gunung Berapi Bawah Laut Meletus

2. Gelombang tsunami lalu membanjiri rumah-rumah warga yang berada di pesisir pantai Tonga

5 Potret Letusan Gunung Bawah Laut Tonga yang Sebabkan TsunamiTsunami melanda ibu kota Tonga, Nuku'alofa tak lama setelah gunung bawah laut di Tonga meletus (www.twitter.com/@sakakimoana)

3. Gunung bawah laut Hunga Tonga-Hunga Ha'apai yang terekam kamera NASA pada 2017

5 Potret Letusan Gunung Bawah Laut Tonga yang Sebabkan TsunamiGunung bawah laut Hunga Tonga Hunga Ha'apai yang terekam satelit NASA pada 2017 lalu (www.earthobservatory.nasa.gov)

4. Pemerintah mulai distribusikan air bersih bagi warga Tonga yang terdampak tsunami dan erupsi

5 Potret Letusan Gunung Bawah Laut Tonga yang Sebabkan TsunamiPemerintah Tonga distribusikan air minum kepada warga yang terdampak tsunami pada Sabtu, 15 Januari 2022 (www.twitter.com/@tongaportal)

5. Tepi pantai Jepang di dekat Samudera Pasifik terkena tsunami pada Minggu, 16 Januari 2022. 210 ribu warga dievakuasi ke tempat lebih tinggi

5 Potret Letusan Gunung Bawah Laut Tonga yang Sebabkan TsunamiGelombang tsunami ikut hantam tepi pantai timur Jepang pada Minggu, 16 Januari 2022 (Kyodo News)

Baca Juga: Hunga Tonga, Pulau Vulkanik yang Jadi Objek Penelitian NASA

Topic:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya