TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

BPBD DKI: 100 RW di Jakarta Rawan Banjir

928 titik lokasi untuk pengungsian sudah disiapkan

Ilustrasi genangan air. (IDN Times/Jihad Akbar)

Jakarta, IDN Times - Plt Kepala BPBD DKI Jakarta Sabdo Kurnianto mengungkapkan terdapat 100 Rukun Warga (RW) di Jakarta yang rawan banjir. Seratus RW tersebut tersebar di 47 kelurahan.

Sabdo mengatakan daerah rawan banjir berada di empat kota yaitu Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Jakarta Barat, dan Jakarta Utara.

"Dari 100 RW ini, alhamdulillah hanya empat kota paling rawan kecuali Pulau Seribu dan Jakarta Pusat," kata Sabdo dikutip dari ANTARA, Kamis (16/12/2021).

Baca Juga: Murka Anies Akibat Sumur Resapan Dikritik, Kontraktor Dievaluasi

1. Sudah disiapkan 928 lokasi pengungsian

Ilustrasi banjir (IDN Times/Sandy Firdaus)

Sebagai antisipasi penanganan banjir, BPBD DKI telah menyiapkan 928 lokasi pengungsian. Sabdo mengungkapkan lokasi pengungsian tersebut setidaknya bisa menampung 120 orang.

"Sekitar 928 titik pengungsian yang sudah kita siapkan itu kurang lebih bisa menampung 120 ribu jiwa. Kita sudah melakukan edukasi dan sosialisasi," tutur Sabdo.

2. BPBD DKI edukasi warga soal mencegah COVID-19 di pengungsian

Banjir di Pejaten Timur, Pasar Minggu (Dok. Humas Damkar DKI Jakarta)

Sementara, untuk mencegah penyebaran COVID-19 di lokasi pengungsian, BPBD DKI telah memberikan edukasi kepada masuarakat. Edukasi tersebut melibatkan pemerintah kota setempat.

"Kita sudah melakukan skrining, pelatihan bahkan simulasi sudah dilakukan karena jangan sampai terjadi kasus baru di tempat pengungsian akibat banjir. Kita sudah bekerja," ujar Sabdo.

Baca Juga: Pemkot Jakarta Timur Bangun 1.000 Sumur Resapan buat Antisipasi Banjir

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya