TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Masjid Istiqlal Gelar Salat Jumat Hari Ini, Jemaah Wajib Vaksin COVID

Masjid Istiqlal membatasi jumlah jemaah

IDN Times/Marisa Safitri

Jakarta, IDN Times - Masjid Istiqlal kembali menggelar Salat Jumat untuk jemaah umum pada Jumat (20/8/2021). Hanya saja, ada aturan yang berlaku dan masih terbatas.

"Aturannya masih mengacu yang 25 persen (kapasitas)," ujar Wakil Kepala Bagian Humas Istiqlal, Amaq Dalilah Saparwadi, dikutip dari ANTARA.

Selain itu, protokol kesehatan ketat juga diterapkan dalam pelaksanaan Salat Jumat di Masjid Istiqlal saat penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4. Hal tersebut untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19.

Baca Juga: Vaksinasi untuk Tokoh Lintas Agama Dimulai Hari Ini di Masjid Istiqlal

1. Jemaah wajib sudah vaksinasi COVID-19

Vaksinasi di Balaikota DKI Jakarta, Rabu (5/5/2021). (IDN Times/Herka Yanis).

Selain itu, pengelola Masjid Istiqlal pun mewajibkan jemaah Salat Jumat yang hadir sudah vaksinasi COVID-19. Sertifikat vaksinasi wajib ditunjukkan saat akan memasuki kawasan Masjid Istiqlal.

"Sudah divaksin (COVID-19) menjadi syarat boleh beribadah di Masjid Istiqlal. Jemaah cukup menunjukkan ke petugas pintu gerbang Istiqlal," kata Amaq.

2. Masjid Istiqlal sudah siapkan protokol kesehatan

Masjid Istiqlal (IDN Times/Reza Iqbal)

Pembukaan kegiatan ibadah di masjid sebenarnya sudah dimulai saat perpanjangan kedua PPKM Level 4 pada 10-16 Agustus 2021. Akan tetapi, pengelola Masjid Istiqlal tidak langsung membuka kegiatan untuk umum.

Sebab, ada persiapan yang perlu dilakukan agar pelaksanaan ibadah aman dari COVID-19. Kini, Masjid Istiqlal pun sudah mempersiapkan protokol kesehatan tersebut.

Baca Juga: DKI Jakarta Berpotensi Turun ke PPKM Level 3? Ini Kata Wagub

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya