TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Akan Dipindah ke Lapas, 300 Tahanan Polda Metro Jaya Jalani Tes Swab

Bagaimana hasilnya tes ratusan tahanan itu?

Ilustrasi petugas kesehatan menunjukkan alat tes usap atau swab test di Puskesmas Andalas Padang, Sumatera Barat. ANTARA FOTO/Muhammad Arif Pribadi

Jakarta, IDN Times - Sebanyak 300 tahanan di Rumah Tahanan (Rutan) Polda Metro Jaya melaksanakan swab test atau tes usap COVID-19.

Para tahanan tersebut adalah tahanan titipan yang dilimpahkan ke lembaga pemasyarakatan (lapas).

"Tujuannya pada proses pelimpahan ke lapas. Sebanyak 300 ini tahanan yang berstatus vonis, berstatus A3 dalam proses sudah pindah, karena over kapasitas ini kan sudah 100 persen," kata Direktur Tahanan dan Barang Bukti (Dirtahti) Polda Metro Jaya, AKBP Rahmat kepada wartawan, Senin (28/9/2020).

Baca Juga: Napi Tiongkok Kabur, Ditjen PAS Bantah Pihak Lapas Tangerang Terlibat

1. Bekerja sama dengan sejumlah stakeholder

Ilustrasi Swab Test (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Rahmat menjelaskan bahwa swab test tersebut dilakukan di Rutan Polda Metro Jaya hari ini sejak pukul 08.00 WIB.

Penyelenggaraan bekerja sama dengan beberapa stakeholder, mulai dari Dinas Kesehatan, dokter Kamwil Kementerian Hukum dan HAM, Kejaksaan dan Bidang Kedokteran serta Kesehatan (Biddokkes) Polda Metro Jaya.

2. Menghindari adanya masalah saat tahanan sudah dilimpahkan

ilustrasi tahanan kabur (ANTARAnews)

Sementara itu, 300 orang tersebut adalah tahanan Kejaksaan Negeri Jakarta Timur, Pusat, Barat, Utara, Selatan, Tahanan dan Barang Bukti (Tahti) Polda Metro Jaya dan Polres jajaran wilayah hukum Polda Metro Jaya.

Hal ini dilakukan agar tak ada tahanan yang telah dilimpahkan, nantinya dikembalikan ke Polda Metro Jaya karena positif COVID-19.

"Kalau kita rapid test saja, sampai di sana dibilang positif lalu balik lagi, padahal dia (tahanan) juga tidak apa-apa, di sana padahal ada tempat isolasi," kata Rahmat.

Baca Juga: Rutan dan Lapas di Jakarta Terpapar COVID-19, Terbanyak di Cipinang

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya