TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Amankan Demo BEM SI di Istana, Polisi Turunkan 18.000 Personel

8 ribu personel gabungan dan 10 ribu lainnya akan berjaga

Pengunjuk rasa membentangkan poster saat unjuk rasa menolak Undang-undang Cipta Kerja di depan Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (8/10/2020) (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)

Jakarta, IDN Times -  Aksi demonstrasi penolakan Undang-Undang (UU) Omnibus Law Cipta Kerja (Ciptaker) akan digelar mahasiswa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) pada hari ini, Jumat (16/10/2020) di Istana Merdeka, Jakarta.

Dengan adanya agenda ini, Polda Metro Jaya sudah mengerahkan ribuan personel gabungan untuk mengamankan aksi unjuk rasa. Total ada 18 ribu personel yang diturunkan.

"Sekitar 8.000 lebih personel itu gabungan TNI-Polri dan Pemda," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus kepada wartawan, Jumat (16/10/2020).

Baca Juga: BEM SI Akan Geruduk Istana, Polisi Siapkan Pengalihan Arus Lalu Lintas

1. 10 ribu personel lainnya berjaga di Polda

Mahasiswa berunjuk rasa di halaman Kantor DPRD Sumatera Selatan di Palembang, Sumsel, Kamis (8/10/2020) (ANTARA FOTO/Feny Selly)

Unsur pemerintahan yang dimaksudkan Yusri antara lain adalah Dinas Perhubungan, Satpol PP, dan juga pemadam kebakaran. Sedangkan 10.000 sisanya adalah personel cadangan.

"Serta personel cadangan sebanyak 10.000 yang stand by di Polda," ujar dia.

2. Estimasi ada 6.000 mahasiswa BEM SI yang turun

Mahasiswa yang tergabung dalam Keluarga Mahasiswa (KM) Universitas Pakuan Bogor melakukan long march menolak UU Cipta Kerja atau Omnibus Law dari Tugu Kujang menuju jalan Pajajaran, Kota Bogor, Jawa Barat, Rabu (14/10/2020) (ANTARA FOTO/Arif Firmansyah)

Mahasiswa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) bakal berunjuk rasa di depan Istana Merdeka, Jakarta pada siang ini.

"Kami akan tetap fokuskan ke Istana Rakyat sesuai dengan tuntutan," kata Koordinator Media BEM SI Andi Khiyarullah saat dihubungi IDN Times, Kamis (15/10/2020) malam.

"Estimasi massa sejauh ini kurang lebih 6.000," ujar dia lagi.

Baca Juga: Daftar Rute TransJakarta yang Berubah karena ada Demo BEM SI Hari Ini

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya