TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Identifkasi COVID-19 Kian Sulit, Dokter: Gejala Semakin Tidak Khas

COVID-19 kini disebut sebagai the great imitator

Ilustrasi APD (IDN Times/Candra Irawan)

Jakarta, IDN Times - Dokter Umum Rumah Sakit Jakarta Medical Center (JMC), dr. Ahmad Pasha Natanegara menjelaskan ada perbedaan saat menghadapi pasien COVID-19 dan pasien umum. Bagi dia, kini sulit untuk melakukan deteksi ciri khas dari gejala awal COVID-19.

“Menurut saya pribadi dan beberapa teman setelah saya diskusikan juga setuju. Kita melihat COVID-19 ini sebagai the great imitator, jadi istilahnya tadinya kita mengetahui itu khas demam, batuk, nyeri tenggorokan, sesak,” kata dia lewat live streaming di Instagram IDN Times, Rabu (22/4).

Baca Juga: Pasien PDP Ngamuk Buka Masker, Perawat RS Gunung Jati Positif COVID-19

1. Tidak terpikirkan sebelumnya bahwa penyakit tertentu bisa sebabkan COVID-19

Dokter Ahmad Pasha Natanegara (Dok. Istimewa)

Menurut dia, semakin lama gejala COVID-19 semakin luas. Beberapa penyakit seperti pneumonia, TBC, bronkitis atau semua penyakit yang berhubungan dengan paru-paru hingga DBD dan tifus bisa dikaitkan dengan COVID-19.

“Semakin ke sini gejala-gejalanya semakin tidak khas, kalau dulu mungkin tidak pernah memikirkan bahwa penyakit tertentu itu kasus buat COVID-19,” kata dia.

2. Cara mengetahui virus yang paling efektif adalah swab dan rapid test

Ilustrasi rapid test COVID-19 (ANTARA FOTO/Jojon)

Sebagai tenaga medis, dr. Pasha menjelaskan bahwa hal tersebut menjadi tantangan tersendiri untuk mendeteksi COVID-19. Maka dari itu, dia mengatakan, akan sulit membedakan pasien jika tidak melakukan pemeriksaan yang pasti seperti swab dan rapid test.

“Jadi challenge-nya untuk kita dokter-dokter ya itu, karena terlalu banyak penyakit-penyakit di Indonesia yang mirip satu sama lain, jadi agak susah membedakan pasien ini COVID-19 atau tidak,” ujar dia.

Baca Juga: [WANSUS] Pengalaman Dokter Tangani Pasien COVID-19, Pengap Gunakan APD

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya