TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

John Kei dan 34 Anak Buahnya Ajukan Penangguhan Penahanan

Keluarga, kerabat, dan tokoh bangsa diklaim siap menjamin

Rilis kasus kejahatan kelompok John Kei (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Jakarta, IDN Times - John Refra alias John Kei bersama 34 anak buahnya telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus penyerangan dan penembakan di kediaman Nus Kei pada Minggu (21/6) lalu. Saat ini John Kei dan puluhan anak buahnya mendekam di tahanan Polda Metro Jaya, penyidikan juga masih terus berlangsung.

Kuasa hukum John Kei mengajukan permohonan penangguhan penahanan bagi klien dan anak buahnya di Polda Metro Jaya.

"Ya, kami sedang mengajukan upaya penangguhan penahanan," kata kuasa hukum John Kei, Anton Sudanto, di Gedung Ditreskrimum Polda Metro Jaya, pada Jumat (26/6) malam, dilansir melalui Antara.

Baca Juga: Putri John Kei Ungkap Ayahnya dan Nus Kei Renggang Sejak 3 Tahun Lalu

1. Kuasa hukum John Kei tegaskan pengajuan penangguhan penahanan adalah hak tersangka

Rekonstruksi pembacokan hingga melindas anak buah Nus Kei yang dilakukan Kelompok John Kei di kawasan Kosambi, Cengkareng, Jakarta Barat (IDN Times/Axel Jo Harianja)

Anton menjelaskan bahwa permintaan pengajuan penangguhan penahanan ini tidak hanya diperuntukkan untuk John Kei saja, tetapi untuk seluruh anak buah John Kei.

Dia menjelaskan bahwa penangguhan penahanan adalah hak dari tersangka yang sudah termaktub dalam Undang-Undang sehingga layak untuk diajukan.

"Itu hak tersangka ya, itu diatur di KUHAP. Jadi, kalau kita itu selalu bicara soal aturan, karena kami pun diatur undang-undang," kata dia.

2. Keluarga dan kerabat siap jadi penjamin John Kei dan komplotan

Rekonstruksi pembacokan hingga melindas anak buah Nus Kei yang dilakukan Kelompok John Kei di kawasan Kosambi, Cengkareng, Jakarta Barat (IDN Times/Axel Jo Harianja)

Dia menjelaskan bahwa pihak keluarga dan sejumlah pihak lainnya sudah siap menjadi penjamin penangguhan penahanan John dan komplotannya.

"Keluarga, ada rekan-rekan pendeta, tokoh-tokoh bangsa yang mungkin mau coba ikut menjamin Bang John," kata Anton.

Baca Juga: John Kei kepada Anak Buahnya: Apa Hukuman Bagi Pengkhianat? Mati!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya