TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

LaporCovid-19: Kematian Pasien Isoman Banyak pada Klaster Keluarga

Duh, usia muda dan anak-anak tak luput

Suasana Hotel Ibis Senen yang digunakan untuk isolasi mandiri pasien COVID-19 di Jakarta (Dok. IDN Times/Istimewa)

Jakarta, IDN Times - Inisiator LaporCovid-19, Ahmad Arif. mengungkapkan banyak kasus kematian saat isolasi mandiri (isoman) COVID-19 terjadi pada klaster keluarga. Pihaknya beberapa kali mendapat laporan kematian yang jaraknya hanya beberapa hari atau bahkan beberapa jam antaranggota keluarga.

"Dalam beberapa laporan itu meninggal suami, (kemudian) istri dengan selang waktu hari bahkan ada yang selang waktu jam," kata dia di program live Instagram IDN Times bertajuk 'Jakarta Darurat Kematian Pasien Isoman', Rabu (28/7/2021).

Baca Juga: Kematian Isoman di DKI Tertinggi, LaporCovid: Daerah Lain Tutupi Data

1. Banyak kasus terjadi pada anak muda dan anak kecil

Inisiator LaporCovid-19 Ahmad Arif dalam program live instagram IDN Times bertajuk "Jakarta Darurat Kematian Pasien Isoman", Rabu (28/7/2021). (IDN Times/Lia Hutasoit)

Pihaknya pernah mendapat informasi di daerah Klaten, Jawa Tengah, ada kasus kematian saat isoman yang terjadi berurutan pada suami, istri kemudian anak dalam hitungan jam.

Dia juga mengungkapkan kasus kematian saat isoman terjadi bukan hanya pada orang dewasa saja, namun juga pada anak muda dan anak kecil di bawah usia 10 tahun.

"Sekarang ya belakangan ini sebenarnya banyak anak-anak muda, juga banyak bahkan anak-anak kecil," ujarnya.

2. Ada 2.706 kasus kematian saat isoman di seluruh Indonesia

Pasien yang tengah menjalani isolasi mandiri di teras rumah Kelurahan Wirasana, Purbalingga mulai kritis dan dibawa ke rumah sakit, Kamis (8/7/2021) (Dokumentasi Warga Wirasana)

Untuk diketahui, saat ini ada 2.706 kasus kematian pasien COVID-19 saat isoman dan di luar rumah sakit yang dicatat oleh LaporCovid-19. Hingga saat ini, ada 17 provinsi dan 98 kota/kabupaten yang terlacak.

Dari data yang diperbaharui pada hari ini, total kematian berasal dari sejumlah sumber, yakni dari rekap data dari civil society organization (CSO) atau komunitas seperti CISDI serta dari pemerintah daerah yang hanya berasal dari Dinkes DKI.

Baca Juga: LaporCovid-19: Pemda Tutupi Data Kematian Pasien Isoman Seolah Aib 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya