TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Suspect Virus Corona di Jambi Kini Berjumlah 6 Orang

Ada ABK kapal, mahasiswi, dan pasangan suami-istri

Rumah Sakit Raden Mattaher Jambi (IDN Times/Ramond EPU)

Jambi, IDN Times - Suspect virus corona di Jambi saat ini bertambah menjadi 6 orang. Sebelumnya, ada 2 orang yang dirawat di Rumah Sakit Abdul Manap Kota Jambi diduga suspect virus corona (COVID-19). Terbaru, 4 orang lagi masuk untuk dirawat di Rumah Sakit Raden Mattaher dan saat ini ditempatkan di ruang isolasi.

Disampaikan dr Ferry Kusnadi, Direktur Utama RSUD Raden Mattaher Jambi, pihaknya sedang mengisolasi 4 orang pasien yang terduga COVID-19.

"Akan kita lakukan swab hari ini. Saat ini penanganan di ruangan isolasi," jelasnya kepada awak media di kantor Gubernur Jambi, Senin (13/3).

Baca Juga: Pasien Suspect Corona dari Lubuklinggau Dirujuk Ke RSMH Palembang

1. Suami-istri suspect COVID-19 baru pulang dari Jogja dan Jakarta

(Petugas Kesehatan Karantina Bandara Soekarno Hatta bersiap melakukan pemeriksaan acak suhu badan penumpang yang baru mendarat di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten) ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

4 orang pasien suspect COVID-19 adalah satu orang ABK kapal, satu orang mahasiswi, dan pasangan suami-istri.

"Suami-istri ini baru melakukan perjalanan dari Jogja dan Jakarta," katanya.

Dari pemeriksaan yang dilakukan pihak RS Raden Mattaher, kondisi terakhir pasien adalah gejala paru-paru. Namun untuk memastikannya kata dr Ferry, berdasarkan hasil swab yang dilakukan Dinas Kesehatan Provinsi Jambi. "Hasil swab akan kita kirimkan ke Jakarta," ujarnya.

Dikatakan dr Ferry, perawatan empat pasien yang ditangani RS Raden Mattaher biayanya gratis. Apabila dinyatakan positif COVID-19, biaya perawatan pasien akan mereka klaim kepada pemerintah pusat.

2. Hasil tes suspect COVID-19 akan diumumkan Kemenkes RI

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Achmad Yurianto (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Sementara itu, juru bicara penanganan Covid-19 Provinsi Jambi, Johansyah, mengatakan bahwa dari data yang mereka pegang saat ini, jumlah total suspect COVID-19 di Jambi ada 6 orang.

Dua orang dirawat di RS Abdul Manap Kota Jambi baru pulang perjalanan umrah. Sedangkan empat orang sedang dirawat di RS Raden Mattaher Jambi.

"Seluruh pasien yang dirawat saat ini semuanya baru dugaan," tegasnya.

Dikatakannya, pasien yang dirawat di Rumah Sakit Abdul Manap sampel darahnya sudah dikirimkan ke Libtangkes Kementerian Kesehatan RI. Sedangkan untuk empat orang lagi baru akan dikirimkan sampel darahnya.

"Bagaimana hasilnya nanti, juru bicara pemerintah dari Kemenkes RI yang akan mengumumkan hasil tesnya. Kita tunggu saja hasilnya. Biasanya selama tujuh hari sudah ketahuan," jelas Johan.

Baca Juga: Flu Berat, Suami Istri di Jambi Diisolasi setelah Pulang Umrah

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya