TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Buka Acara Forum Rektor, Jokowi: Kuliah Daring akan Jadi Next Normal

Sebut krisis paksa Indonesia berkembang dengan cara baru

Presiden Joko Widodo dalam Konferensi Forum Rektor Indonesia (Dok. IDN Times/Tangkap Layar IPB TV)

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo menyebutkan sistem kuliah daring atau kuliah online kini sudah tak lagi jadi hal asing bagi perguruan tinggi dan mahasiswa di Indonesia. Sistem ini bahkan disebut Jokowi akan dilanjutkan menjadi next normal.

"Kuliah daring telah menjadi new normal dan bahkan menjadi next normal," kata Jokowi dalam Konferensi Forum Rektor Indonesia (FRI) 2020 secara virtual yang disiarkan di kanal YouTube IPB TV, Sabtu (4/7/2020).

Baca Juga: Komisi X: Masalah Uang Kuliah Saat Pandemik Harus Dibicarakan Bersama

1. Jokowi soroti kuliah daring dari dulu lambat dilakukan

Pexels.com/Vlada Karpovich

Pandemik COVID-19 memaksa dunia pendidikan untuk tetap berjalan. Sistem daring atau online sejauh ini menjadi opsi paling mungkin untuk dilaksanakan.

"Kuliah daring yang selama ini sangat lambat dijalankan, sekarang sangat-sangat berkembang," kata Jokowi dalam sambutannya. Dia bahkan menyebutkan, sistem kuliah daring yang berlaku selama normal baru ini akan menjadi next normal.

"Akan tumbuh normalitas-normalitas baru yang lebih inovatif dan lebih produktif," kata Jokowi menyampaikan keyakinannya terhadap industri pendidikan pasca-pandemik.

2. Krisis paksa Indonesia berkembang dengan cara baru

Presiden Joko Widodo dalam Konferensi Forum Rektor Indonesia (Dok. IDN Times/Tangkap Layar IPB TV)

Jokowi berpendapat pandemik COVID-19 memaksa negara berkembang dengan cara-cara yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Termasuk di sektor pendidikan.

"Krisis telah memaksa kita untuk mengembangkan cara-cara baru, membangun norma-norma baru, membangun standar kebaikan dan kepantasan yang baru," kata Jokowi.

Akselerasi teknologi di sektor pendidikan juga sangat terasa di masa pandemik ini.

Baca Juga: Ini Aturan Resmi Kemendikbud soal Keringanan Pembayaran Uang Kuliah

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya