TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Duh, Gunung Anak Krakatau Alami Erupsi 9 Kali

Gunung Anak Krakatau berada pada level II atau waspada

Erupsi Gunungapi Anak Krakatau (Dok.BNPB)

Jakarta, IDN Times - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengungkapkan gunung Anak Krakatau mengalami erupsi hingga sembilan kali, Jumat (4/2/2022). Data tersebut diperoleh dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG).

"(Data PVMBG) Tinggi kolom abu berkisar 800-1.000 meter di atas puncak dan warna kolom kelabu-hitam tebal," kata Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, dalam keterangan tertulisnya.

Adapun, erupsi Gunung Anak Krakatau terjadi pada pukul 09.43 WIB, 10.25 WIB, 10.28 WIB, 12.46 WIB, 13.00 WIB, 13.31 WIB, 13.41 WIB, 14.46 WIB, dan 17.07 WIB.

Baca Juga: Gunung Anak Krakatau Keluarkan Abu Vulkanik, Status Level II Waspada

1. Erupsi yang terjadi bertipe magmatik

Erupsi Gunungapi Anak Krakatau (Dok.BNPB)

Dari hasil pemantauan visual PVMBG, terdapat indikasi erupsi yang terjadi bertipe magmatik. Hal ini sejalan dengan kegempaan vulkanik yang terekam.

Kegempaan gunungapi Anak Krakatau terjadi sejak 16 Januari hingga 4 Februari 2022. Kegempaan ditandai dengan terekamnya gempa-gempa vulkanik dan gempa permukaan yang mengindikasikan adanya intrusi magma dari bawah ke permukaan secara bertahap.

2. Anak Krakatau masih berpotensi erupsi

Erupsi Gunungapi Anak Krakatau (Dok.BNPB)

Gunung Anak Krakatau disebut masih berpotensi alami erupsi. Hal ini terindikasi berdasarkan dari data pemantauan secara visual dan instrumental.

Abdul Muhari pun mengingatkan adanya potensi bahaya dari aktivitas Gunung Anak Krakatau. Di antaranya berupa lontaran lava pijar, material piroklastik maupun aliran lava.

Hujan abu lebat disebutkan secara umum dapat berpotensi terjadi di sekitar kawah di dalam radius dua km dari kawah aktif. Hujan abu yang lebih tipis dapat menjangkau area yang lebih luas bergantung pada arah dan kecepatan angin.

Baca Juga: Gunung Anak Krakatau Keluarkan Abu Vulkanik, Status Level II Waspada

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya