TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Gubernur Jabar Sampaikan Komitmen Terapkan Birokrasi Adaptif 

Ciri negara maju adalah reformasi birokrasi adaptif

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (Dok. Humas Pemprov Jabar)

Jakarta, IDN Times – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyampaikan proses penerapan manajemen talenta dan reformasi birokrasi Pemda Provinsi Jabar dalam Rakornas Kepegawaian Tahun 2023 di Hotel Pullman, Kota Bandung, Selasa (30/5/2023).

Di hadapan peserta rakornas yang merupakan para pengelola manajemen ASN di seluruh Indonesia, Gubernur Ridwan Kamil mengatakan bahwa salah satu dari tiga ciri negara maju adalah reformasi birokrasi yang adaptif. Hal itu menjadi komitmennya dalam menerapkan sistem birokrasi di Pemda Provinsi Jabar.

Baca Juga: Jabar X Melbourne Symphony Orchestra Kolaborasi Budaya Jabar-Australia

1. Tiga ciri negara maju

Ridwan Kamil saat di New York menghadiri forum bisnis di sela-sela kegiatan di markas PBB. (Instagram.com/ridwankamil)

Gubernur Ridwan Kamil mengatakan tiga ciri negara maju adalah pertumbuhan ekonomi terjaga, kualitas SDM, dan reformasi birokrasi yang terus-menerus atau mengikuti perkembangan zaman.

Ridwan Kamil berpandangan bahwa reformasi birokrasi bertransformasi menjadi empat level. Pertama, birokrasi aturan. Birokrasi ini memandang bahwa setiap kegiatan harus berdasarkan pada aturan.

"Ada aturan, maka ada kegiatan, begitu pun sebaliknya. Ini birokrasi yang sangat kaku yang membuat inovasi itu mati," ucapnya.

2. Kelemahan birokrasi reforma

Ilustrasi reformasi birokrasi (www.kanalpengetahuan.com)

Reformasi birokrasi level kedua yang mayoritas saat ini diterapkan oleh instansi di Indonesia adalah birokrasi reforma. Ridwan Kamil menyebut kelemahan birokrasi reforma yaitu menganggap bahwa pembangunan adalah urusan dari birokrat.

"Kelemahannya menganggap urusan pembangunan itu urusan birokrat, orang yang bukan ASN seolah-olah tidak boleh terlibat dalam administrasi pembangunannya," tuturnya.

Baca Juga: Gubernur Ridwan Kamil: Jalur Tambang Parung Panjang Mulai Dibangun 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya