TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

RKUHP Tuai Banyak Kritik, DPR Ngotot Lanjutkan ke Paripurna  

RKUHP akan segera diundangkan

Ketua DPR Puan Maharani (kiri) berbincang dengan Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad (kanan) saat sidang paripurna di kompleks Parlemen, Jakarta, Senin, 8 November 2021 (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Jakarta, IDN Times — Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad mengatakan Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP) tinggal menunggu pengesahan dalam rapat paripurna.

Sebab, pembahasan tingkat I antara Komisi III dan pemerintah pada pekan lalu, telah dilalui dengan lancar. 

Dasco enggan mengomentari soal RKUHP yang masih menuai banyak kritik dari masyarakat.

Baca Juga: DPR Dinilai Ngegas, Masyarakat Sipil Desak Pengesahan RKUHP Ditunda

Baca Juga: Deretan Kritik Terhadap RKUHP, Banyak Pasal Masih Dianggap Bermasalah 

1. RKUHP disepakati 8 fraksi di DPR, 1 fraksi dengan catatan

ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Dasco menjelaskan dalam pembahasan tingkat I RKUHP antara Komisi III dan pemerintah pada pekan lalu, telah disepakati bahwa beleid ini akan disahkan dalam Rapat Paripurna.

Dia menyebut secara umum semua fraksi setuju bahwa RKUHP dibawa ke Paripurna untuk disahkan, hanya satu fraksi yakni PKS yang setuju dengan catatan.

“Kalau kita lihat kemarin pengambilan keputusan di tingkat I berjalan lancar, ada penolakan dari salah satu partai dan kita anggap itu kemudian sebagai catatan, diterima, sehingga keputusan tingkat I disepakati,” kata Dasco di Kompleks Parlemen, Selasa (29/11/2022).

Baca Juga: KontraS: Soal RKUHP, DPR Minim Pengetahuan soal Pelanggaran HAM Berat

2. Dasco sebut RKUHP tak bisa dibahas terus menerus

ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Politikus Partai Gerindra ini menilai pembahasan RKUHP tak bisa terus menerus dilakukan karena memakan waktu. Menurutnya RKUHP juga telah dibahas secara komprehensif melibatkan kelompok masyarakat.

“Saya pikir kan ini sudah berulang kali pembahasan. Jadi sudah distop, sudah dibicarakan dengan masyarakat. Kalau (dibahas) gitu kan gak akan ada habis-habisnya,” tutur Dasco.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya