TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Langka, Warga Mojokerto Temukan Python Albino di Sekitar Makam Dusun

Ular ini merupakan salah satu yang dilindungi

Python Albino saat diamankan warga. IDN Times/Moch Fad

Mojokerto, IDN Times - Seorang pria asal Desa Balongmasin, Kecamatan Pungging, Kabupaten Mojokerto dikejutkan dengan seekor ular Python Albino. Ular langka bernama latin Python bivittatus albino ini memiliki ukuran hampir dua meter. Kini ulat itu diamankan di salah satu rumah warga

1. Ditemukan saat melintas di gapura makam dusun

Ular saat diamankan warga. IDN Times/ Moch Fad.

Pria yang bernama Heri (36), itu mengaku menemukan ular terbesar saat baru pulang dari pasar. Python tersebut tengah melintas di gapura makam dusun. "Sekitar pukul 09.00 WIB, kemarin saya menemukannya. Lalu saya tangkap, waktu itu banyak warga yang teriak-teriak karena mungkin takut," ungkapnya saat dikonfirmasi pada Sabtu (07/08/2021).

Dirinya tidak mengetahui pasti, asal muasal ular sanca jenis Albino yang merupakan satwa dilindungi tersebut. Apalagi, ditemukan di lingkungan makam dan sawah.

Baca Juga: Gasak Motor, Maling di Mojokerto Cuma Butuh Waktu 5 Menit

2. Sempat memberontak saat hendak ditangkap

Warga menunjukkan ular. IDN Times/Moch Fad

Menurut dia, ular terbesar sempat memberontak saat ditangkap. Beruntung, dirinya berhasil menaklukkan ular itu dan membawanya ke salah satu rumah warga.

"Hingga sampai saat ini belum ada warga yang mengakui reptil unik tersebut. Dengar-dengar warga sini ada yang pelihara ular juga. Kalau memang ada yang punya, ya minimal datang ke sini bawa foto bukti lain kalau ular ini miliknya," terangnya.

Menurut dia, ular terbesar ditangkap lantaran pertimbangan kemanan. "Ya pikir-pikir dulu mau nangkap tadi. Karena khawatir makan ternak di sini dan ganggu warga, akhirnya saya amankan aja," terangnya.

Ia juga mempertimbangkan untuk melepaskannya di tempat yang aman. "Kalau sampai beberapa hari kedepan ndak ada yang punya ya saya pertimbangkan dulu. Gak mungkin juga saya pelihara, gak mampu ngerawatnya," tegasnya.

Baca Juga: Karhutla di Riau, Ular Sanca dan Kura-Kura Ditemukan Mati Terpanggang

Verified Writer

Moch Fad

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya