TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Praktik Dokter Gadungan di Mojokerto Terbongkar, Ternyata Lulusan SMK

Berbekal pengalaman bekerja di klinik

Petugas saat meringkus pelaku. IDN Times/Istimewa

Mojokerto, IDN Times - Tipu muslihat Catur Purwanto menjadi dokter gadungan di Kabupaten Mojokerto terbongkar. Aparat Satuan Reserse Kriminal Polres Mojokerto Kota meringkus pria berusia (38) asal Kecamatan Kemlagi, Kabupaten Mojokerto itu, Selasa (03/08/2021). Catur diringkus saat tengah mengobati warga di Desa Mojojajar, Kecamatan Kemlagi.

1. Lulusan SMK jurusan elektronik

Petugas menangkap pelaku di kediamannya. IDN Times/Istimewa

Dari hasil pemeriksaan penyidik, rupanya Catur merupakan pria lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) jurusan elektronik. Ia nekat membuka praktik kedokteran ilegal dengan bekal pengalaman bekerja di salah satu klinik yang ada di Mojokerto.

Kasubbaghumas Polres Mojokerto Kota, Ipda MK Umam mengatakan, pengungkapan kasus praktik dokter palsu ini terungkap setelah adanya laporan dari masyarakat.

Setelah didalami, rupanya pria berambut gondrong itu mengaku tak memiliki surat tanda register (STR) dan surat izin praktik (SIP) kedokteran maupun keperawatan. Ia bahkan tak pernah menempuh pendidikan medis.

"Dia (pelaku) mengaku lulusan STM jurusan elektro dan tidak mempunyai latar pendidikan nakes," ungkap Umam, Selasa (10/08/2021).

Umam mengatakan, dalam menjalankan aksinya, pelaku membuka praktik kedokteran dengan sistem door to door atau keliling dari rumah ke rumah.

2. Berbekal pengalaman bekerja di klinik

Barang bukti yang diamankan. IDN Times/ istimewa

Catur nekat melakukan aksinya berbekal pengalaman sebelumhya bekerja di sebuah klinik kesehatan. Sedangkan praktik dokter gadungan ini dilakoninya sejak Januari 2021.

"Selama bekerja di klinik ini, dia itu bisanya melayani pengambilan resep-resep obat obatan seperti itu. Dari situ pelaku mungkin termotivasi dan merasa mengetahui jenis jenis obat sehingga nekat membuka praktik ilegal," jelasnya.

Verified Writer

Moch Fad

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya