TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Sang Ibu Gugur Akibat COVID-19, Tiga Anak di Banyuwangi Yatim Piatu

Sang ayah sudah meninggal 7 tahun sebelumnya

Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandini saat menyambangi tiga orang yatim piatu. IDN Times/Istimewa

Banyuwangi, IDN Times - COVID-19 memang terus menyisakan duka. Salah satu duka mendalam dialami oleh tiga anak di Banyuwangi. Andika Bayu Prasetyo, Diana Avisa Aurilia dan Evan Raisa menjadi yatim piatu setelah sang ibu, Vika yang bekerja sebagai tenaga kesehatan gugur pada 26 Juni lalu akibat COVID-19. Sementara sang ayah, Deni Kurniawan sudah wafat tujuh tahun sebelumnya.

1. Sang ibu adalah sosok perempuan tangguh

Ilustrasi nakes meninggal dunia, IDN Times/ istimewa

Andika Bayu Prasetyo atau Tyo yang merupakan anak tertua saat ini masih duduk di sekolah SMA kelas X mengenang sosok ibunya sebagai seorang perempuan tangguh. Sebagai orangtua tungga alias single parent, ia selalu berusaha membahagiakan ketiga anaknya. 

“Sebelum berangkat kerja, mama biasanya menyiapkan bahan makanan buat kami, dan saya tinggal masak saja. Kami memang dididik untuk selalu mandiri. Sekarang tiap pagi tidak ada lagi mama," kata Tyo, Selasa (17/8/2021). Vika adalah tenaga kesehatan di Puskesmas Licin, Banyuwangi. Sebelum meninggal, ia sempat dirawat di RSUD Blambangan.

Baca Juga: Yatim Piatu Korban COVID-19 di Kediri Dapat Pendampingan Psikososial

2. Mereka kini dirawat oleh sang tante

Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandini saat menyambangi tiga orang yatim piatu. IDN Times/Istimewa

Cerita tersebut disampaikan Tyo saat dikunjungi Bupati Banyuwangi Ipuk Festiandani, usai upacara peringatan HUT ke-76 RI. Saat ini, Tyo dan Diana tinggal di Banyuwangi bersama sang tante. Sementara Evan Raisa tinggal di rumah neneknya di Jember.

"Saya akan selalu ingat pesan-pesan Mama. Mama selalu berpesan, kami harus rajin ibadah. Terutama jangan lupa salat. Semoga nanti saya dapat bekerja dengan baik dan bisa menjaga adik-adik saya," katanya, sambil menangis haru.

Baca Juga: Yatim Akibat COVID-19, 130 Anak Diasuh Polres Pasuruan Kota

Verified Writer

Mohamad Ulil Albab

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya