TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Ganjar Pranowo Dinilai Punya Komitmen Berantas Korupsi, Apa Buktinya?

Ganjar dinilai sudah terapkan program antikorupsi di Jateng

Bakal Calon Presiden RI Ganjar Pranowo menghadiri pameran foto Reformasi 98 di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (13/5/2023) (IDN Times/Aryodamar)

Jakarta, IDN Times - Pengamat politik, Mohammad Riza Widyarsa, menilai bakal calon presiden (capres) dari PDI Perjuangan (PDIP), Ganjar Pranowo, memiliki komitmen untuk memberantas korupsi.

Riza mengatakan, ada sejumlah program yang yang dilakukan Ganjar selama menjabat Gubernur Jawa Tengah untuk memberantas korupsi.

“Menurut saya, apa yang sudah dilakukan Pak Ganjar Pranowo itu memang sangat baik sekali,” ujar Riza, Selasa (8/8/2023).

Baca Juga: Sekjen PDIP Tegaskan Effendi Simbolon Dukung Ganjar Pranowo di Pilpres

Baca Juga: Senyum Mega saat Terima Lagu Ganjar Siji Ganjar Kabeh dari Encik

1. Ganjar buat sejumlah prgram pemberantasan korupsi

Bakal Calon Presiden RI Ganjar Pranowo menghadiri pameran foto Reformasi 98 di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (13/5/2023) (IDN Times/Aryodamar)

Riza menerangkan, Ganjar membuat 29 desa anti-korupsi. Selain itu, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah juga memberikan penyuluhan dan pendidikan anti-korupsi di 23 sekolah.

"Menurut Kemenpan-RB, beliau itu sejak menjabat sebagai gubernur di 2018 dan lima tahun berturut-turut, itu mendapat predikat A pada sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintahan dari Kemenpan-RB,” ucap dia.

2. Pencegahan anti-korupsi harus dilakukan

Ilustrasi pengembalian kerugian keuangan negara tindak pidana korupsi. (IDN Times/Mardya Shakti)

Dalam kesempatan itu, Riza mengapresiasi apa yang sudah dilakukan Ganjar untuk mencegah praktik korupsi di Jawa Tengah. Menurutnya, yang terpenting dilakukan adalah mencegah praktik korupsi, terutama bagi generasi muda.

“Itu memang sangat bagus sekali, terutama yaitu, yang sudah saya jelaskan tadi memberikan pendidikan anti korupsi di sekolah-sekolah yang ada di Jawa Tengah,” kata dia.

“Karena memang pencegahan ini yang sangat ditonjolkan oleh Pak Ganjar jadi tidak hanya pemberantasannya, tetapi diutamakan pencegahannya. Bagaimana kita bisa menghilangkan korupsi di Indonesia kalau pencegahan tidak dilakukan,” sambung Riza.

3. Bisa wujudkan generasi emas

Ganjar Pranowo (IDN Times/Aryodamar)

Lebih lanjut, Riza mengatakan, pendidikan untuk mencegah praktik korupsi bisa dilakukan untuk mewujudkan generasi emas pada 2045. Sebab, generasi muda yang akan menduduki kursi pemerintahan.

“Kalau mereka sudah sadar atau korupsi dari awal seperti ini tentunya mereka diharapkan akan menjadi pemimpin yang bersih. Ini yang membuat kenapa dari latar belakang dan rekam jejak yang ada, kalau kita lihat dari pada Ganjar selama menjadi gubernur Jawa Tengah, itu memang terlihat dari apa yang sudah diapresiasi oleh KPK," kata dia.

"Bahkan dan oleh KemenpanRB bahwa pencegahan korupsi dan nanti-korupsi yang dilakukan oleh Pak Ganjar selama beliau jadi gubernur Jawa Tengah itu sudah sangat terlihat,” imbuh Riza.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya