TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Golkar dan PAN Dukung Prabowo Capres, PPP: Goodbye KIB!

KIB auto bubar

Muhammad Romahurmuziy (Instagram/@romahurmuziy)

Jakarta, IDN Times - Golkar dan Partai Amanat Nasional (PAN) resmi mendukung Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto sebagai calon presiden (capres) 2024. Ketua Majelis Pertimbangan PPP, Romahurmuziy mengatakan dengan bergabungnya PAN dan Golkar menandakan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bubar.

KIB berisi koalisi antara PPP, Golkar dan PAN. PPP saat ini sudah bergabung ke PDI Perjuangan untuk mendukung Ganjar Pranowo.

"Dari awal saya sampaikan bahwa KIB auto bubar, manakala partai-partai semua sudah menyatakan dukungan resmi yang berbeda kepada capres tertentu," ujar pria yang akrab disapa Romy dalam keterangannya, Minggu (13/8/2023).

"Dengan adanya dukungan resmi PAN dan Partai Golkar ke Pak Prabowo hari ini, otomatis hari ini pula lah 'peresmian' bubarnya KIB alias goodbye KIB!" sambungnya.

Baca Juga: Golkar dan PAN Susul PKB-PBB Dukung Prabowo, Siapa Cawapresnya?

Baca Juga: Zulhas: Tak Ada Arahan Jokowi Dukung Prabowo, Ini Keputusan Bersama

1. PPP tak terkejut

IDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Romy mengaku tidak terkejut dengan merapatnya Golkar dan PAN ke PRabowo. Dia menduga, Menteri BUMN Erick Thohir juga akan menjadi cawapres Prabowo.

"Jadi, sudah lama kita prediksi kalau PAN akan melabuhkan pilihan, di mana Pak Erick berlabuh. Kalau Partai Golkar memang sayup-sayup sudah kita dengar akan ke Pak Prabowo," kata dia.

2. PPP sampaikan selamat

Ketua Majelis Pertimbangan Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Romahurmuziy saat sedang mengikuti Harlah ke-50 di Yogyakarta. (www.instagram.com/@romahurmuziy)

Dalam kesempatan itu, PPP menyampaikan selamat atas bergabungnya PAN dan Golkar ke Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR). Saat ini, ada empat parpol di parlemen yang sudah mendukung Prabowo, yakni Gerindra, PKB, PAN dan Golkar.

"Ini juga semakin menjadikan kami (PPP), bersemangat. Karena komposisi ini memperbesar peluang Ketua Bappilu PPP, Pak Sandi, sebagai cawapres Mas Ganjar, juga ini akan melecut semangat koalisi partai-partai pengusung Ganjar Pranowo untuk all out dengan semangat now or never!" ucap dia.

Sebelumnya, Golkar dan PAN resmi mendeklarasikan Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto Capres 2024. Deklarasi itu disampaikan di Museum Naskah Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat.

Ketua Umum Golkar, Airlangga Hartarto terlebih dulu menyampaikan dukungannya kepada Prabowo.

"Partai Golkar memberikan dukungannya kepada Bapak Letnan Jenderal (Purn) Prabowo Subianto sebagai calon presiden 2024-2029," ujar Airlangga, Minggu (13/8/2023).

Baca Juga: Cak Imin Ditanya Gerindra soal Golkar-PAN Gabung: Asal Cawapres Saya

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya