TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

RUU Desa Disahkan Jadi Inisiatif DPR, PDIP: Perjuangan Kepala Desa

RUU Desa disahkan oleh Puan Maharani

Gedung DPR RI (IDN Times/Kevin Handoko)

Jakarta, IDN Times - Ketua DPR RI, Puan Maharani, resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang (RUU) Desa menjadi inisiatif DPR. Pengesahan itu dilakukan dalam Rapat Paripurna DPR ke-29 masa sidang V Tahun 2022-2023.

"Apakah RUU usul inisiatif Badan Legislasi DPR RI tentang perubahan kedua atas UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, dapat disetujui menjadi RUU usul DPR RI? Setuju ya?" ujar Puan di ruang Rapat Paripurna, Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (11/7/2023).

Sejumlah anggota DPR RI yang hadir serentak menjawab setuju. Sejumlah organisasi kepala desa hadir dalam pengesahan RUU Desa di rapat paripurna.

Baca Juga: Dorong Desa Jadi Pusat Pembangunan, Gus Imin Inisiasi Dana Desa Naik

Baca Juga: Dana Desa Naik Jadi Rp2 M, Cak Imin: Kalau PKB Menang Rp5 M

1. PDIP setuju setelah telaah panjang

Bendera PDI Perjuangan (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Anggota Fraksi PDI Perjuangan, Sonny T. Danaparamita, mengatakan bahwa fraksinya setuju pengesahan RUU Desa itu karena sudah ditelaah panjang. Sejumlah pihak juga telah diminta masukan terkait RUU Desa.

"Pendapat Fraksi PDI Perjuangan ini setelah melalui telaah yang panjang, diskusi dengan para Kepala Desa, masukan dari masyarakat dan seluruh stake holder maupun para akademisi. Bahkan secara kepartaian, PDI Perjuangan membentuk tim khusus terkait hal tersebut," kata Sonny.

2. Perjuangan kepala desa

Anggota Fraksi PDI Perjuangan, Sonny T. Danaparamita bersama sejumlah organisasi kepala desa (IDN Times/Istimewa)

Sonny mengatakan, RUU Desa disahkan itu berkat perjuangan kepala desa. Bahkan, kata dia, sejumlah organisasi kepala desa juga hadir.

"Buah perjuangan teman-teman kepala desa. Saya salut dengan perjuangan yang dilakukan teman Kepala Desa. Dari Banyuwangi, mereka bergotong-royong memberangkatkan perwakilannya untuk ikut hadir menyaksikan langsung Paripurna tadi," ujar Sonny.

"Saya cukup mengenali pikiran-pikiran mereka karena selama ini saya memang sering bersama mereka," sambung dia.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya