TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Survei Indikantor: 51 Persen Responden Cukup Puas pada Kinerja Jokowi

Ada 20,9 persen responden kurang puas pada kinerja Jokowi

Jokowi pimpin rapat terbatas di Istana Kepresidenan Bogor pada Selasa (20/10/2020) (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Jakarta, IDN Times - Lembaga Indikator Politik Indonesia melakukan survei secara online terhadap 626 responden terkait kinerja Presiden Joko "Jokowi" Widodo. Hasilnya, mayoritas responden menyatakan puas.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi, menjelaskan survei ini menggunakan metode simple random sampling. Margin of error dalam survei ini sekitar 4 persen, dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

"Proses survei ini terdiri dari empat tahapan utama, yakni random recruitment, pemberian kode akses, screening dan web interviewing," ujar Burhan dalam konferensi pers virtual, Minggu (20/2/2022).

Survei Indikator dilakuan dari 15 Januari-17 Februari 2022.

Baca Juga: Survei: Prabowo Jadi Menteri Jokowi Terbaik, Tapi Bukan Karena Kinerja

Baca Juga: Survei SMRC Sebut Kinerja Jokowi Selama 2021 Cukup Memuaskan

1. 51 persen responden merasa cukup puas dengan kinerja Jokowi

Jokowi beri sambutan di Puncak Acara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-92 pada Rabu (28/10/2020) (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Burhan menerangkan, dari serangkaian survei, responden yang menyatakan cukup puas terhadap kinerja Jokowi sebesar 51 persen. Kemudian sangat puas ada 20 persen.

Selain itu, ada responden yang merasa kurang puas terhadap kinerja Jokowi sebesar 20,9 persen. Kemudian ada yang tidak puas sama sekali 3,9 persen dan tidak menjawab atau tidak tahu 4,2 persen.

2. Tren kepuasan kinerja Jokowi bila diambil dalam survei tatap muka dan daring

Presiden Jokowi pimpin rapat terbatas pada Rabu (4/11/2020) (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Burhan membandingkan kinerja Jokowi ketika diambil datanya diambil melalui tatap muka dan daring. Hasilnya pun tidak beda jauh.

"Kami melakukan survei tatap muka pada Desember 2021, kepuasannya 71,4 persen. Kemudian yang survei secara online itu kepuasannya 70,9 persen," katanya.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya