TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Jika Terpilih, Anies Janjikan APBD Jakarta Bisa Diakses Melalui Gadget

Celah korupsi akan terus diperkecil.

M. Agung Rajasa/ANTARA FOTO

Calon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan nampaknya memiliki cara tersendiri untuk meminimalisir terjadinya korupsi yang terjadi di lingkungan pemerintah daerah. Apalagi, hingga saat ini Komisi Pemberantasan Korupsi, (KPK) telah melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) terhadap 11 kepala daerah. Fakta tersebut menunjukkan bahwa praktik korupsi sangat rawan terjadi di lingkungan pemerintah daerah.

Indrianto Eko Suwarso/ANTARA FOTO

Dikutip Liputan6.com, (11/1),  Anies mengatakan bahwa transparansi merupakan kunci agar anggaran pemerintah tetap bisa diawasi oleh semua pihak. Artinya, publik bisa ikut melihat langsung dan mengevaluasi ke mana dana daerah tersebut dialokasikan. Melalui transparansi anggaran ini pula dia yakin korupsi bisa diminimalisir dalam proses perencanaan anggaran.

Kenyataanya banyak daerah yang menghindari transparansi.

Sigid Kurniawan/ANTARA FOTO

Anies memahami bahwa masih banyak anggaran daerah yang dibuat tidak transparan sehingga banyak pihak yang terjebak dalam lingkaran korupsi. Jika terpilih menjadi gubernur DKI Jakarta nanti, Anies pun berjanji akan membuat Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Provinsi DKI Jakarta secara transparan. Publik pun bisa mengawasi langsung penggunaan anggaran ini apakah digunakan dengan benar atau sebaliknya.

M. Agung Rajasa/ANTARA FOTO

Bahkan, dia mengatakan bahwa nantinya APBD Jakarta bisa diakses melalui berbagai macam gadget. Masyarakat per wilayah pun bisa mengawasinya langsung. Cara ini juga efektif agar rencana kerja pemerintah daerah bisa dimonitor dan diterapkan dengan baik.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya