TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Benarkah Pemerintah Akan Blokir WhatsApp, Facebook, Line dan Twitter?

Gawat nih kalau benar-benar diblokir!

Sumber gambar: ittoolx.blogspot.com

Zaman sekarang, siapa sih tidak punya akun media sosial?

Tak dipungkiri, banyak masyarakat Indonesia yang memakai sosial media seperti Facebook dan Twitter. Karena banyaknya pengguna, pihak Facebook dan Twitter bahkan telah menempatkan kantor perwakilannya di tanah air guna meningkatkan layanannya.

Sayangnya, sampai sekarang mereka masih belum memiliki Badan Usaha Tetap (BUT) di Indonesia. Alhasil, hal ini membuat Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara memaksa Facebook dan Twitter untuk segera mengurus pembentukan BUT.

Baca Juga: 11 Post yang Pasti Ada di Timeline Line-Mu Setiap Hari.

Apa tujuan Menkominfo memaksa Facebook dan Twitter membentuk BUT?

Sumber gambar: blogs.wsj.com

Rudiantara mengatakan pembentukan BUT tersebut bertujuan untuk melindungi konsumen. Rencananya aturan tersebut akan segera diterapkan pada bulan Maret 2016 mendatang. Apabila tidak mematuhi perintah dari Menkominfo, mereka mengancam akan memblokir Facebook dan Twitter.

Sumber gambar: ittoolx.blogspot.com

Peraturan ini dilakukan untuk mengurangi adanya unsur penyalahgunaan pada sosial media terbesar di dunia tersebut. Namun, hal ini dinilai menjadi sesuatu yang sangat memberatkan. Banyak netizen dan pengguna sosial media yang akan menjerit jika mereka tidak bisa mengakses situs favorit tersebut.

WhatsApp, Line dan media sosial lain juga ikut kena getahnya!

Sumber Gambar: farmstatickflickr.com

Apakah semua hanya berhenti di Facebook dan Twitter saja? Tentu tidak! Aturan tersebut juga diterapkan untuk Google, YouTube, Line dan WhatsApp. Bagi perusaahaan asing yang ingin membentuk BUT, mereka harus memiliki kantor dan karyawan di Indonesia. Ditambah lagi, mereka juga harus mengikuti aturan perpajakan di Indonesia. Jika tidak, maka ancaman pemblokiran pun akan langsung diberlakukan.

Baca Juga: Perjalanan 12 Tahun Facebook, Dari Ide Gila Mahasiswa DO Hingga Jadi Raksasa Media Sosial

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya